Bright Gas Bikin Memasak Jadi Lebih Nyaman dan Aman

Tuesday, November 12, 2019

Kebutuhan dasar memasak di dapur tentunya tidak bisa lepas dari LPG (Liquified Petrolium Gas). Memilih produk gas yang aman patut dipertimbangkan, tidak hanya itu, gas yang punya kualitas dan punya tingkat kebocoran yang rendah juga harus dipertimbangkan loh, dear.



Salah satu produk gas dari Pertamina yang saya pilih dan gunakan kesehariannya untuk masak, Bright Gas ukuran 5,5kg. Selain warna pink yang bikin menarik hati, bright gas ini mudah banget pasang tabung gas sendiri, sistem keamanannya juga double.

Harganya juga terjangkau, jangan dibandingkan dengan LPG subsidi berwarna hijau kemasan 3Kg ya, karena kan memang peruntukannya beda. Gas LPG 3Kg itu subsidi pemerintah khusus untuk kalangan tidak mampu, malu dong kalau kita menggunakan sesuatu yang bukan hak kita. Itulah alasan saya lebih baik menggunakan bright gas pink, hemat kok bisa digunakan sampai 3 bulan.



Beruntungnya, akhir bulan lalu saya menghadiri event blogger gathering Kelihatan Cerdasnya Bersama Bright GasPada event tersebut juga diperkenalkan Bright Gas Portable dengan yang bisa digunakan dimanapun baik outdoor maupun indoor, cocok banget buat moms milenial yang suka traveling outdoor atau food blogger untuk demo masak misalnya.

Ukuran Bright Gas

Selain warna pink yang bikin saya tertarik menggunakan Bright Gas, ukuran 5,5Kg yang mudah banget dibawa sendiri karena lebih ringan sangat cocok digunakan oleh keluarga kecil saya. Untuk Bright gas terdapat 3 ukuran varian, tinggal dipilih saja sesuai kebutuhan dan kenyamanan ingin menggunakan ukuran yang mana.

Bright Gas 12 Kg, ukuran ini merupakan produk non subsidi, cocok banget digunakan untuk rumah tangga. Harga dari Bright Gas 12 Kg untuk beli baru sekitar Rp 450.000, sedangkan untuk isi ulangnya mulai dari harga Rp 141.000, harga tergantung agen penjual.

Bright Gas 5,5 Kg,  ukuran ini sangat cocok untuk keluarga kecil seperti saya dan keluarga muda yang intensitas memasaknya jarang.  Harga Bright Gas 5,5 Kg isi ulangnya dibanderol Rp 65.000, murah kan?

Bright Gas Can 220 g, ini dia ukuran terbaru dari Bright Gas untuk kompor portable.  Ukuran ini sangat cocok untuk memasak di outdoorindoor maupun saat emergency. Hargnya cukup murah mulai dari Rp 16.500.

Keunggulan Menggunakan Bright Gas



Penasaran kan kenapa sih harus pilih Bright Gas untuk kebutuhan dasar memasak?. Bahan bakar gas berwarna pink ini punya keunggulan dari sistem keamanannya, Anggi Paramitha selaku Officer LPG Brand Management Bright Gas menyampaikan keunggulan menggunakan Bright Gas berikut ini dear.

1. DSVS (Double Spindle Valve System), sistem valve ganda Bright Gas mampu mengurangi tekanan gas sehingga akan jauh lebih aman. Dibandingkan Bright Gas jenis lain yang tabungnya single valve sangat riskan tak terdeteksi sehingga mengakibatkan kecelakaan. 

2. Seal Calp Hologram, sebagai konsumen bisa langsung cek keaslian Bright Gas melalui stiker hologram yang tertempel di tabungnya.

3. Tabung Lebih Ringan, selain ukuran 12 Kg, Bright Gas juga miliki ukuran 5,5kg yang super ringan. Tanpa mengandalkan tenaga pria, perempuan juga bisa kok angkat dan pasang gas sendiri.

Bright Gas ini sangat mudah ditemukan di agen dan outlet terdekat, selain di SPBU. Kalau tidak menemukannya, bisa langsung menghubungi call center Bright Gas 135. Pesanan akan langsung datang ke rumah tanpa jumlah minimum pemesanan.

Tips Mengetahui dan Mengatasi Tabung Gas Bocor

Selain bisa angkat tabung gas sendiri, dengan menggunakan Bright Gas para moms atau perempuan akan jauh lebih mandiri, karena tidak perlu takut lagi memasang gas. Ade Triskanto selaku Asisten SBM Jakarta Timur Pertamina memberikan tips bagaimana menghadapai dan ciri-ciri tabung gas yang mengalami kebocoran.

1. Tidak perlu panik, langsung matikan kompor.
2. Segera copot regulator ketika sudah terlihat ada api yang menyala, otomatis gas akan berhenti Bengali.
3. Kalau tidak berani, ambil kain tebal basahi air untuk padamkan api, setelahnya bawa gas keluar rumah dan segera informasikan ke tetangga ada kebocoran tabung gas.
4. Kebocoran gas baunya lebih menyengat dibandingkan bau gas yang akan habis. Kalau sudah tercium segera copot regulator dan masukkan gas ke dalam ember berisi air, jika terlihat gelembung udara menandakan tabung gas bocor.

Tips Aman Memasang Gas

Mulanya saya menganggap memasang tabung gas itu sulit dan menakutkan, takut tidak benar lalu bisa menyebabkan kebocoran, maka itu saya sering merasa takjub kalau melihat perempuan bisa pasang gas sendiri. Ternyata setelah melihat praktik 7 langkah memasang gas LPG yang aman dari Ade Triskanto, memasang tabung gas itu mudah.

Simak yuk 7 langkah memasang gas LPG yang aman berikut ini, jangan lupa langsung praktik di rumah ya, dear.

1. Peralatan LPG Sesuai SNI 
Pastikan peralatan LPG yang dibeli memiliki logo Standar Nasional Indonesia (SNI), termasuk selang dan regulatornya. Untuk tabung gas perhatikan juga ya terdapat segel resmi dari Pertamina atau tidak. 
2. Sirkulasi Udara di Dapur
Perhatikan sirkulasi udara di dapur, buka semua ventilasi untuk mencegah udara pengap atau tidak sehat di dalam. Kalau memasak sebaiknya jendela, dan pintu dapur dibuka sehingga sirkulasi lancar karena kalau pengap bisa berbahaya juga buat kesehatan.
3. Matikan Sumber Api
Kompor gas harus dalam keadaan mati, jangan memasang gas saat sekitarnya masih terdapat rokok yang menyala, intinya jauhkan dari sumber api ya.
4. Pemasangan Regulator Gas
Langkah pertama, lepas segel tabung LPG, kemudian pasang regulator pada katup tabung LPG. Putar Kop regulator searah jarum jam, pastikan selang tidak tertindih atau ketekuk ya.
5. Pemasangan Klem Kompor dan Regulator Gas
Agar terhindar dari kebocoran, pastikan kedua klem kompor dan regulator terpasang kencang.
6. Cek Apabila Terjadi Kebocoran
Saat memasang regulator, cek kebocoran gas dengan deteksi suara desis pelan dari gas, serta tercium bau menyengat khas dari gas LPG. Sebenarnya LPG tidak memiliki bau, tapi ditambahkan zat bau untuk mendeteksi kebocoran. Pastikan juga saat memantik kompor tidak ada bau gas ya.
7. Tukar Gas Jika Api Tidak Menyala
Setelah memasang tabung gas dengan benar tapi api tidak kunjung menyala, tukar tabung ke agen atau LPG terdekat.

Tidak hanya memberikan tips aman memasang LPG, pada event bersama Bright Gas ini juga menghadirkan Masterchef Session 4 Deny Gumilang untuk membuktikan penggunaan Bright Gas Can, varian terbaru untuk kompor portable.



Deny Gumilang membutktikannya dengan menampilkan demo masak simpel yaitu Spaghetti Aglio e Olio dan Udang sambal dabu-dabu. Demo masak ini menggunakan Bright gas can yang langsung diperlihatkan bagaimana cara memasangnya dan menggunakannya.

Semakin yakin menggunakan pilihan LPG yang aman dan nyaman dengan Bright Gas, mulai sekarang gak perlu takut lagi pasang sendiri tabung gas di rumah karena teknologi valve ganda Bright Gas melindungi tabung gas dari kebocoran. 
Post Comment
Post a Comment

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!