Respimer Baby Nasal Spray, Cara Untuk Atasi Hidung Tersumbat Ketika Anak FLU

Sunday, December 8, 2019
Hai Dear,


Sering tidak mengalami anak rewel pas lagi demam karena mengalami FLU dan hidung tersumbat? Rayyan, anak saya baru aja kemarin mengalami demam, selain maunya selalu dekat sama mommy-nya, Rayyan juga super rewel karena merasa tidak nyaman.

Ketika anak rewel selalu membuat ibu khawatir, iya dear saya panik kalau melihat Rayyan rewel, apalagi pas FLU demam seperti beberapa waktu lalu. Rayyan menjadi rewel karena kesulitan bernafas, dan tidak seperti orang dewasa seperti kita yang bisa mengeluarkan ingus atau cairan lendir di dalam hidungnya, akibatnya lendir itu tertahan dan menyumbat saluran pernafasan.

Sebagai orang dewasa aja, ketika FLU lagi datang pasti terasa pusing, belum lagi suka meler, duh pokoknya super gak nyaman, gimana dengan anak yang sedang terkena FLU?. Biasanya sih kalau anak kena FLU, gak langsung saya bawa ke dokter, selama demamnya tidak lebih dari seminggu dan masih bisa saya  awasi  di rumah tidak ada tanda-tanda lain selain FLU dan batuk, pertolongan pertama yang saya lakukan terapi menggunakan diffuser ditambah essential oil.

Essential oil yang fungsinya membersihkan udara di sekitar rumah, dan bikin relax Rayyan sedikit membantu mengurangi rewelnya, tapi hidungnya tetap tersumbat, karena kan namanya lendir atau ingus harusnya segera dikeluarkan.

Untuk membuat nafas Rayyan lebih lega, sering juga dibantu dengan menjemur Rayyan di pagi hari, tapi lagi-lagi keadaannya berbeda karena anak saya lagi aktif-aktifnya dan sudah sulit diajak kerja sama. Jalan satu-satunya, mencari cara lain untuk atasi hidung tersumbat pada anak.

Kenali Penyebab Hidung Tersumbat Pada Bayi dan Anak



Menjelah musim hujan, pergantian musim dari panas kering ke musim hujan sangat rentan terserang virus maupun bakteri yang bisa menyebabkan penyakit, seperti flu dan batuk. Apalagi usia bayi dan anak, sistem imun atau kekebalan tubuhnya belum stabil, gak heran kemarin Rayyan demam disertai flu di musim peralihan ini.

Beruntungnya, Minggu 1 Desember 2019 lalu saya sempat datang ke ajang pameran Indonesia Maternitu, Baby and Kids Expo atau IMBEX 2019. Berkunjung ke IMBEX di hari terakhir cukup ramai, banyak sekali ibu-ibu bawa anak mulai dari usia baby, duh harus hati-hati dear bawa bayi keluar di usia masih rentan gitu.

Lagi mengitari IMBEX, ternyata ada talkshow yang pas banget mengenai cara mengatasi flu pada anak, dipersembahkan oleh Respimer. Rayyan sering bolak-balik nih kena flu, seperti yang saya ceritakan sebelumnya, pas lagi flu hidungnya tersumbat berujung kerewelan yang bikin saya resah.

Talkshow yang menjelaskan seputar Flu pada Bayi dan Anak dibahas oleh dr.Intan Diana Sari, pertama menjelaskan penyebab hidung tersumbat. Ketika anak mengalami batuk dan flu, biasanya memang terjadi penumpukan cairan di hidung si kecil, akhirnya menyebabkan pembuluh darah dan sel-sel yang ada di permukaan dalam hidung mengalami bengkak.


Hidung tersumbat pada bayi dan anak saat batuk dan pilek juga bisa disebabkan karena :

  • Alergi
  • Infeksi virus (FLU)
  • Infeksi bakteri

Ketika Rayyan demam disertai FLU, memang tindakan saya gak langsung bawa dia ke dokter. Terus, kapan kita harus membawa anak ke dokter ketika sedang batuk dan flu?

  • Saat anak mengalami pilek disertai demam lebih dari 39 derajat celcius
  • Saat mata anak mulai berair dan memerah
  • Saat anak rewel dan kualitas tidur terganggu karena sakitnya, apalagi ketika anak sampai sulit atau jadi tidak suka menyusui
  • Saat anak mengalami flu tidak kunjung membaik dalam waktu 5 hari

Nah, kalau anak sedang FLU dan batuk sebenarnya bisa diobati dengan cara terapi di rumah, biasanya sih ini yang saya lakukan bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat pada anak dan bayi,

  • Atur suhu ruangan di sekitar bayi dan anak agar tidak terlalu dingin, suhu bayi harus dijaga
  • Bersihkan cairan atau lendir yang mengeras pada hidung bagian luar bisa dengan menggunakan kapas yang telah dibasahkan dengan air hangat
  • Hangatkan dada dan punggung anak dengan cream atau minyak penghangat untuk membantu meringankan pernapasannya yang tersumbat
  • JIka masih bayi, sebaiknya bayi tetap dijemur pada panas matahari sekitar pukul 07.30-08.30 walau waktunya singkat
  • Jika hidung bayi atau anak mampet, bisa dilakukan penyemprotan hidung dengan larutan nasal spray ke lubang hidung bayi, dan bisa pula setelah ingus encer digunakan alat penyedot ingus bayi untuk membersihkan hidung

Ternyata, untuk membantu meredakan flu dan hidung tersumbat pada anak bisa dibantu dengan merawat kebersihan hidung anak. Tidak perlu dengan obat oral, tapi bisa melakukan perawatan hidung yang tersumbat dengan menggunakan Respimer Baby Nasal Hygine. Akhirnya, saya punya solusi untuk Rayyan kalau hidungnya sedang tersumbat.

Respimer Baby Nasal Hygine Bebaskan Anak dari Hidung Tersumbat



Ingat rangkaian wudhu gak dear? salah satunya membersihkan hidung. Nah, salah satu manfaat rajin merawat kebersihan hidung itu bisa membersihkan dari debu, polusi dan kotoran yang mungkin aja membawa virus atau bakteri. Selain itu, kalau kita wudhu air yang masuk ke hidung dan beberapa cara seperti menghirup air ini bermanfaat juga mengencerkan lendir yang kental.

Ternyata juga, mencuci hidung itu juga merupakan tradisi pengobatan di India sejak ribuan tahun lalu. Mencuci hidung juga bantu bersihkan penyebab radang dan menjaga kelembaban rongga hidung. 

Gak mungkin kan suruh Rayyan menghirup air, kalau tersedak bisa berbahaya. Solusi paling aman untuk atasi hidung tersumbat, ya dengan menggunakan Respimer Baby Nasal Hygine yang merupakan cairan semprot hidung untuk membantu mengeluarkan ingus atau lendir pada bayi dan anak ketika terkena flu.

Respimer ini mengandung 100% air laut terbaik di dunia dari ST. Malo Bay yang terletak di kota ST Malo di provinsi Britany, Perancis. FYI, air laut di seluruh dunia kadar NaCl hanya 3 - 3.5%, idealnya menggunakan kadar yang sesuai dibutuhkan oleh cairan tubuh yaitu 0.9%.

Untuk mendapatkan nilai kadar NaCl yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, biasanya harus diturunkan dengan dicampur air biasa, sayangnya pada proses pengeceran bisa menurunkan kadar mineral yang terkandung pada air laut.

Berbeda dengan air laut dalam Respimer di proses melalui Electrodialysis yang dipatenkan, selain dapat menurunkan NaCl tanpa mengurangi mineral di dalamnya. Jadi, cairan Respimer ini mengandung 100% air laut dengan kandungan mineral yang dipertahankan.

Product Knowledge Respimer Baby Nasal Spray


Produk semprot hidung bayi ini terdiri dari 2 varian yaitu Respimer Baby Nasal Hygiende 115ml dan Respime Baby Decongestant 60 ml. Keduanya punya fungsi, manfaat dan cara pakai yang berbeda. Untuk keluhan Rayyan ketika demam kemarin flunya masih tergolong ringan, saya menggunakan Respimer Baby Nasal Hygiene.

Respimer Baby Nasal Hygiene



Memiliki bentuk spray yang sangat lembut, terdiri dari air laut, 80 mineral + trace element, 0,9% Nacl yang kadarnya mirip dengan kebutuhan cairan tubuh manusa. Ukuran yang tersedia 115 mL dengan harga sekitar Rp  290.000 - Rp 310.000.

Varian ini sangat cocok digunakan bayi sejak usia 0 bulan dan cocok untuk digunakan sehari-hari untuk membersihkan hidung dari cairan ketika awal flu, dan untuk mencegah terjadinya infeksi. Aturan pemakaian Respimer Baby Nasal Hygiene cukup 2 - 4 dalam satu hari.

Respimer Baby Decongestant 



Memiliki konsentrasi garam yang lebih tinggi dari cairan tubuh manusia, karena fungsinya sebagai Hipertonik. Air laut pada varian ini memiliki konsentrasi 2,2% NaCl, kandungan 80 mineral dan trace element, sangat membantu untuk proses penyembuhan pada flu berat.

Respimer Baby Decongestant memiliki manfaat untuk membersihkan dan melegakan hidung tersumbat akibat alergi udara dingin, atau flu berat. Varian ini dapat digunakan bayi sejak usia 1 bulan lebih, dengan aturan pakai cukup 2 - 3 kali dalam sehari.


Cara Menggunakan Respimer Baby


  1. Terlebih dulu cuci tangan kita menggunakan sabun dengan air mengalir. Siapkan Respimer Baby Spray dan juga tisu (untuk bersihkan cairan hidung).
  2. Letakan bayi dalam posisi tidur dan pastikan posisinya tidak berubah, kalau perlu letakan handuk atau selimut di kaki bayi.
  3. Miringkan kepala bayi dan mulai masukkan ujung Tip Respimer ke dalam lubang hidung pelan-pelan, dan semprotkan selama 2 - 3 detik.
  4. Kemudian miringkan kepala bayi ke sisi sebaliknya, dan lakukan langkah seperti sebelumnya.
  5. Bersihkan cairan atau kotoran yang keluar dari hidung bayi, lap dengan tisu pelan-pelan.
  6. Jangan lupa untuk membersihkan Tip Respimer Spray dengan air mengalir, kemudian simpan kembali setelah dikeringkan.

Review Menggunakan Respimer Baby Nasal Spray


Setelah mencoba menggunakan Respimer Baby Nasal Hygiene pada Rayyan ketika mengalami demam disertai flu ringan beberapa waktu lalu, Respimer ini sangat membantu meredakan dan melegakan hidung Rayyan, tanpa menimbulkan rasa perih.

Berikut ini review dari saya, ketika menggunakan Respimer Baby Nasal Hygiene;

  • Spray yang keluar sangat lembut, sehingga tidak menimbulkan rasa perih di hidung
  • Ujung noozle ada tip yang aman untuk bayi dan anak, dan memberikan semprotan micro-difusi 
  • Semprotannya tidak menggunakan Gas Propilen yang sangat berbahaya karena mudah terbakar
  • Mengandung 80 mineral yang baik untuk kesehatan hidung
  • Lebih cepat atasi hidung tersumbat.

Alhamdulillah, tidak lama dibantu dengan Respimer, Rayyan berangsur pulih. Respimer akan selalu tersedia di rumah, karena sebagai langkah saya mencegah Rayyan kembali terkena flu. Gak perlu khawatir dengan kualitasnya, karena Respimer ini sudah menjadi rekomendasi oleh Dokter spesialis Anak dan THT.

Dear, kalau kalian sering mengalami anaknya kena flu berulang kali dan hidung si kecil tersumbat, jangan panik lagi ya, tinggal sediakan Respimer Baby Nasal Spray.
1 comment on "Respimer Baby Nasal Spray, Cara Untuk Atasi Hidung Tersumbat Ketika Anak FLU"
  1. aku perlu beli nih buat anakku mba. selama ini kalo udh pilek, batuk, lgs deh rewelnya luar biasa krn memang mereka blm bisa ngeluarin ingusnya. sudah ditunjukin caranyapun ttp si adek msh belum mahir ngeluarin pas sedang flu . Tadi aku lgs kepukiran ini bakal perih ga yaaa, krn jujur aja aku sendiri pernah menghirup air gitu, dan periiih. nth caraku salah ato gmn yaaa.. makanya ga prnh berani menghirup air dr hidung.

    tp pake alat ini samasekali ga perih ya mba. Jd setidaknya si adek ga bakal nolak kalo hidung mampetnya dibersihin pake ini :D

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!