Bersama Harpic Pastikan Kebersihan Toilet Untuk Menjaga Keluarga Tetap Sehat

Sunday, February 2, 2020
Hai dear,

Kondisi sanitasi di rumah sangat berhubungan erat dengan kesehatan keluarga. Sumber penyakit bisa saja berada di sanitasi rumah yang kurang baik, karena memang aktivitas seperti buang air besar maupun kecil akan meninggalkan jejak bakteri dan virus. Contoh penyakit diare, tifus dan cacingan bisa disebabkan oleh bakteri dari feses manusia.



Sayangnya, kondisi kesejahteraan masyarakat Indonesia belum merata. Banyak ditemukan di berbagai daerah belum memiliki fasilitas sanitasi yang memadai, bahkan banyak yang mengalami kejadian kekurangan air. Padahal air sebagai kebutuhan pokok untuk mendukung kebersihan lingkungan.

Sadar pentingnya sanitasi yang bersih, apalagi saya punya anak yang masih kecil dan rentan terhadap penyakit, saya selalu prioritaskan kebersihan kamar mandi dan menerapkan rajin membersihkan tangan. Bersyukur, saya memiliki rumah dengan kondisi berkecukupan, air selalu lancar, dan seluruh keluarga memiliki kebiasaan Buang Air Besar yang benar.

Dear, kalian tahu tidak kalau ternyata masih ada 8,6 juta rumah tangga yang anggota keluarganya memiliki kebiasaan perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS), data ini diperoleh dari Kementerian Kesehatan per-Januari 2020. Miris ya?, padahal perilaku BABS itu sangat merugikan kesehatan.

Dampak dari Perilaku Buang Air Besar Sembarangan




Kalau bisa melihat dengan mata yang lebih lebar dan luas, kesejahteraan di Indonesia memang belum merata, baik itu di kawasan kota ataupun pedesaan. Dari data WHO atau UNICEF pada tahun 2012 saja menunjukkan kalau Indonesia berada diposisi dua terbesar di dunia dengan penduduk berperilaku BABS.

Indonesia juga merupakan negara terpadat ke-empat di dunia, dengan kondisi hampir 28 juta orang kekurangan air bersih dan 71 juta orang tidak punya akses fasilitas sanitasi yang lebih baik. Kalau dari data KSP Mitra Dhuafa (KOMIDA), dari 735.957 anggota yang tersebar di 287 di Kabupaten dan daerah di Indonesia, hanya 551.435 anggota yang punya toilet dan septictank, sedangkan 105.821 anggota memiliki toilet namun tidak tersambung dengan septictank, dan sisanya 78.701 anggota belum memiliki toilet.

Padahal kebiasaan Buang Air Besar Sembarangan ataupun toilet yang tidak terhubung septictank, baik secara langsung maupun tidak langsung berpotensi mencemari sumber air. Feses yang dibiarkan di tempat terbuka, akan memberikan dampak :

• Makanan atau air yang dikonsumsi akan tercemar oleh bakteri dari feses
• Lingkungan yang tercemar menjadi sumber penyakit seperti diare, tifus dan cacingan akibat bakteri Esherichia Coli yang bersumber dari feses.
• Balita mudah terserang pneumonia akibat udara yang tercemar
• Risiko pertumbuhan fisik anak-anak akan terhambat

Penyakit diare bisa menyebabkan kematian akibat dehidrasi, sudah ada sekitar 150.000 anak Indonesia meninggal setiap tahunnya karena penyakit diare yang disebabkan oleh sanitasi buruk. Maka itu, dibutuhkan pencegahan melalui meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya sanitasi. 

Sebagai produk pembersih toilet yang telah dipercaya dan memiliki pengalaman 100 tahun, Harpic bersama Water.orgSATO, dan Koperasi Simpan Pinjam Mitra Dhuafa(KOMIDA) untuk bergerak melakukan kampanye edukasi pentingnya hidup bersih dengan memiliki toilet dan sanitasi yang layak.

Harpic Aksi Toilet Besih, Ajak Pembeli Donasi Produk Pembersih Toilet


Siapa yang tidak kenal Harpic? Pasti ibu rumah tangga punya simpanan produk pembersih toilet yang sudah punya kelas di Dunia. Pada acara konferensi pers kampanye Harpic Aksi Toilet Bersih di Jakarta, 31 Januari 2020 lalu, Karim Kamel selaku General Manager Reckit Benckiser Hygiene Home Indonesia, menyampaikan keinginan harpic untuk meningkatkan kesadaran publik dan pentingnya perubahan perilaku bersih dengan toilet dan sanitasi yang layak.

Kampanye yang sudah berlangsung dari tangal 27 November sampai 30 Desember 2019 ini mengajak pembeli menyumbangkan satu produk pembersih toilet melalui belanja di e-commerce Shopee dan Lazada. Dari hasil kampanye yang berlangsung di seluruh Indonesia, Harpic sudah berhasil mengumpulkan 3.545 produk yang didonasikan kepada KOMIDA.



Aktor Indonesia yang dikenal sebagai presenter olahraga juga digandeng oleh Harpic mengikuti kampanye Aksi Toilet Bersih, Darius Sinathrya seperti orang tua lainnya yang sangat concern terhadap kebersihan toilet.

Akses toilet dan sanitasi bersih dan higienis sangat penting diberikan edukasi untuk masyarakat, karena apa yang akan terjadi di masa depan generasi penerus bergantung juga pada kondisi toilet dan sanitasinya.

Bagi Darius dan istrinya Donna Agnesiamembentuk kesadaran anak-anak mengenai peduli akan kebersihan toilet merupakan hal yang paling pertama yang harus diajarkan, contohnya dimulai dari mengangkat alas duduk pada closet sebelum buang air kecil. Setelah kesadaran, dilanjutkan dengan mengajarkan kebersihan toilet. Bisa juga diterapkan oleh kita ya moms?

Kampanye aksi bersih dimulai dengan fokus menentaskan permasalahan sanitasi yang buruk di Pulau Jawa, karena memang menurut data dari situs Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), 4,5 juta rumah tangga di Pulau Jawa masih berperilaku BABS. Nah, kalian mau ikut andil membangun sanitasi yang layak untuk Indonesia?

Ikuti Kampanye Aksi Toilet Bersih



Untuk mengikuti kampanye Aksi Toilet Bersih caranya sangat mudah, mommies bisa membeli 2 produk harpic melalui e-commerce Lazada dan Shoppe, secara otomatis sudah ikut menyumbangkan satu botol harpic untuk yang membutuhkan. Nah, apa saja sih produk Harpic untuk pembersih toilet?
Harpic punya 3 varian yaitu Harpic Stain BlasterHarpic Fresh dan Harpic Pembersih Kamar Mandi yang mampu bersihkan toilet secara maksimal dan menghilangkan noda membandel. Salah satu produk unggulan Harpic adalah varianPower Plus, produk pembersih toilet untuk membersihkan semua masalah yang sering kita alami.

Tidak seperti pembersih biasaHarpic Power Plus mampu menghilangkan noda membandelmembunuh kuman (bakteri S. aureus, E. coli, P. aeruginosa), serta memberikankeharuman untuk toilet dan kamar mandi. Selain itu, Harpic Power Plus bisa menghilangkan noda kuning 10x lebih baik karena formulanya kental.

Pembersih toilet yang dapat membersihkan secara maksimal, higienis, bebas dari bakteri, dan harum, ya gunakan Harpic. Moms, yuk mulai jaga kesehatan keluarga kita dengan dimulai dari menjaga kebersihan toilet, dukung juga aksi bersih toilet dari Harpic melalui belanja produknya.


Post Comment
Post a Comment

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!