Mengelola Keuangan dengan Bijak di Tengah Ketidakpastian Pandemi COVID-19

Sunday, May 24, 2020


Hai Moms, tidak terasa hampir 3 bulan sudah Pandemi COVID-19 membuat kita terdampak di rumah aja. Saya yang berprofesi sebagai flight attendant juga sangat merasakan dampak musibah ini, kalau gak pandai mengelola diri sendiri untuk tetap stay positif, mungkin aja bisa stres.

Setelah kebijakan Pemerintah menekan penggunaan transportasi jalur darat, udara, laut, sebagai pramugari sudah dua bulan ini lebih banyak di rumah. Jadwal terbang dipangkas sedemikian rupa, sehingga besarnya pendapatan tiap bulan pun ikut berkurang, huhu sedih tapi tetap harus kuat.

Walaupun begitu, saya tetap bersyukur karena bisa menikmati waktu lebih banyak di rumah bersama keluarga. Mulai banyak mengisi insight baru dengan hal-hal positif, menghibur, yang bisa membuat pikiran saya fresh lagi.

Salah satu yang sering saya lakukan belakangan ini selama di rumah, ikut talkshow via Instagram Live ataupun streaming video online lainnya. Kebetulan Rabu, 20 Mei 2020 lalu Instagram @fwd.id mengadakan IG Live dengan materi yang renyah dan pas banget di tengah kondisi pandemi ini.

Walaupun materinya berat, ngobrol tentang finansial, ternyata nih selama sejam menyimak obrolan dari Aidil Akbar seorang Finansial Expert dan Mas Dono Pradana seorang Stand Up Comedy, seru banget, bahkan tips-tips keuangan dari mas Aidil mudah dan bisa diterapkan.


Walaupun di Rumah Aja, Tetap Tambah Penghasilan





Dalam obrolan santai di IG Live, Mas Aidil langsung mengingatkan “Gimana Financial Check Up dan Perencanaan Keuangan Kamu?”. Saat Pandemi COVID-19 ini pasti banyak sekali yang pekerjaannya di rumahkan, gak terkecuali seperti saya Pramugari.


Ada yang tetap dapat gaji full, ada pula yang dipotong, lebih parah lagi banyak yang di rumahkan alias di PHK atau diberhentikan. Gimana dong nasib keluarga, terutama anak-anaknya yang masih harus mengenyam pendidikan?

Kebayang gak sih berapa banyak anak-anak yang orang tuanya kehilangan penghasilan selama pandemi ini? Salah satu gerakan dari FWD Life Kolaborasi untuk Berbagi bersama SOS Children’s Village selama Ramadhan ini semangat sebarkan kebaikan.

Maka itu, diingatkan lagi untuk melakukan Perencanaan Keuangan yang baik dan bagus, pada masa saat ini tuh kalau perencanaan keuangannya baik, kita masih bisa tetap hidup dari dana darurat yang sudah disiapkan. Sudah punya dana darurat belum, moms?

Dana darurat aja gak cukup, Mas Aidil menyampaikan dalam konsep keuangan ada dua yang harus dijalankan yaitu menambah penghasilan dan menekan pengeluaran. Nah, masa pandemi seperti ini tuh harusnya keuangan bisa lebih berhemat. Kalau moms, gimana? Lebih boros apa malah hemat?

Banyak sekali yang bisa dilakukan selama di rumah untuk menambah penghasilan, contohnya nih menjalankan hobby yang bisa mendapatkan cuan, seperti saya yang biasa menulis dan membantu teman memasarkan produknya atau endorse, ternyata hasilnya lumayan loh bisa menambah uang jajan selama pamdemi ini.

Lalu, saat pandemi seperti ini paling tepat untuk menahan keuangan dengan tidak menghamburkan pengeluaran secara berlebihan. Bolehlah sesekali pesan makanan online, tapi kalau masak di rumah lebih hemat dan sehat, lebih baik memilih masak di rumah kan?

Nah, banyak pengeluaran yang ditekan atau berkurang seperti transportasi misalnya bisa dialokasikan untuk melakukan donasi, ditabung atau saatnya beli produk asuransi kesehatan. 

Kolaborasi Untuk Bantu Anak-Anak Terdampak



Masih ada untungnya, kita yang dipekerjakan di rumah tetap di gaji walaupun kena potongan, ternyata banyak loh di luar sana yang kehilangan pekerjaannya. FYI, dari data SOS Children’s Village ada lebih dari 4.500 anak  di lebih dari 2.400 keluarga yang tersebar di 10 lokasi berbeda.

Rata-rata satu keluarga membutuhkan uang 1 Juta/bulan untuk memenuhi kebutuhan makanan dan kebersihan. Inilah yang menggerakkan Kolaborasi FWD Life bersama SOS Children’s Village untuk mengajak kita lebih peduli dan membantu keluarga kurang beruntung.

Kolaborasi ini bisa dilakukan Di rumah Aja Bareng FWD, melalui aktivitas IG Live selama Bulan Ramadhan dengan tema-tema menarik seputar cooking, sports, mom’s talk dan financial literacy. Sambil menyimak tema menarik, kita juga bisa langsung donasi melalui (isi link).

Hanya daftar registrasi senilai Rp 200.000-, donatur mendapatkan jersey sekaligus secara otomatis ikut berdonasi kepada SOS Children Village. Merayakan kebaikan semudah dan bisa seru berbagi bareng FWD. Yuk, Ikutan donasi moms!.
Post Comment
Post a Comment

Thank you for visiting my blog. I am very happy if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism. As a passion for me, to be able to write better. Happy Reading!