AMALLIA SARAH

Image Slider

Malaysia Healthcare Travel Council Berikan Program Bayi Tabung Gratis

Sunday, January 19, 2020
Program bayi tabung atau in-Vitro Fertilization (IVF) merupakan salah satu pilihan upaya program kehamilan yang kini banyak dilakukan sejumlah pasangan untuk membantu mendapatkan keturunan. Dear, setiap pasangan yang sudah menikah pasti selalu mendampakan cepat memiliki keturunan, namun setiap pasangan punya kondisi berbeda dalam mendapatkan momongan.



Penyebab sulit mendapatkan keturunan tidak hanya masalah kesehatan saja tetapi juga dari gaya hidup. Untuk yang memiliki permasalahan dengan penyebab dari gaya hidup mungkin bisa dilakukan terapi dengan cara mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, namun bagaimana kalau penyebabnya pada masalah kesehatan dari setiap pasangan itu sendiri?.

Tau tidak dear, dari data World Health Organization (WHO), di negara berkembang satu dari dua pasangan di negara berkembang memang punya permasalahan infertilitas, termasuk pasangan di Indonesia juga banyak yang mengalami infetilitas atau gangguan kesuburan. Teknologi bayi tabung dikenal sebagai salah satu upaya program kehamilan melalui proses pembuahan dengan menggunakan teknologi reproduksi berbantu (TRB).

Malaysia merupakan salah satu Negara yang dituju untuk melakukan pengobatan maupun perawatan kesehatan, salah satunya untuk perawatan kesuburan atau melakukan program kehamilan melalui IVF. Tahun 2019 sudah terdata setidaknya ada 4000 pasien pasangan Indonesia yang melakukan program bayi tabung di Malaysia.

Keberhasilan progran IVF di Malaysia rata-rata satu dari dua pasien, ini dikarenakan Malaysia memiliki pusat perawatan dan IVF terkemuka dengan dokter dan ahli embriologi berpengalaman didukung teknologi canggih.

Selain itu, biaya program bayi tabung jauh lebih terjangkau dan juga bahasa yang lebih mudah dimengerti menjadi pertimbangan pasangan Indonesia melakukan program kehamilan di Malaysia.

Sebagai salah satu Negara tujuan untuk pengobatan atau perawatan kesehatan, Malaysia memiliki program pariwisata kesehatan yaitu Malaysia Healthcare Travel Council. Salah satu programnya tahun 2020 ini untuk membantu para pasangan mewujudkan impian mendapatkan keturunan, Malaysia Healthcare menghadirkan program “Harapan Dua Garis”.

Harapan Dua Garis, Program Bayi Tabung Gratis




Sering kan mendengar artis melakukan pengobatan ke Malaysia?, jangan heran ya, karena memang Malaysia punya fasilitas kesehatan kelas dunia, termasuk perawatan kesuburannya. Sadar punya potensi pariwisata kesehatan, Malaysia Healthcare menghadirkan pengalaman wisata kesehatan end- to – end yang bebas hambatan (seamless), menjamin ketenangan pikiran untuk melakukan pengobatan di Malaysia.

Melalui program Harapan Dua Garis, Nik Yazmin Nik Azmam, Chief Commercial Officer Malaysia Healthcare Travel Council menyampaikan keinginan Malaysia Healthcare untuk membantu para pasangan mewujudkan impiannya mejadi orang tua dengan menyediakan akses perawatan IVF yang didukung oleh fasilitas pusat fertilitas terkemukan di Malaysia.

Nah, untuk kalian pasangan Indonesia yang ingin melakukan program kehamilan melalui IVF atau bayi tabung dapat mengikuti progam Harapan Dua Garis yang akan berjalan selama 12 bulan di tahun 2020. Bagi 12 pasangan Indonesia yang beruntung bisa mendapatkan fasilitas secara gratis, tidak hanya mendapatkan akses perawatan kesuburan melalui teknologi reproduksi berbatu (Assisted Reproductive Technology) di Malaysia, tetapi juga akan mendapatkan pendampingan yang menyeluruh selama perjalanan kehamilan yang dimulai dari pra-perawatan hingga pasca perawatan.

Faktor Keberhasilan Program Bayi Tabung



Teknologi bayi tabung atau program IVF memang bisa jadi salah satu pilihan yang membantu pasangan mendapatkan keturunan. Beberapa artis yang kita kenal juga sukses menjalankan program IVF, seperti Tya Ariestya, Inul Daratista, Cynthia Lamusi, Sissy Prescillia dan Lula Kamal. Metode bayi tabung memang sudah ada sejak 40 tahun lalu dan sudah melahirkan 6,5 juta anak di seluruh Indonesia.



Tapi, beberapa pasangan sempat mengalami gagal melakukan program bayi tabung. Sebelumnya memang program kehamilan melalui IVF dilakukan setelah pasangan menikah 10 tahun lebih lamanya, umumnya berusia diatas 35 – 40 tahun, padahal wanita di bawah 35 tahun punya tingkat keberhasilan 40 persen.

Eason Sinthamoney, Ahli Fertilitas dari Sunfert International Fertility Centre Kuala Lumpur, yang juga hadir pada peluncuran program Harapan Dua Garis pada 15 Januari 2020 lalu, menyampaikan ada beberapa faktor ketika siklus IVF gagal yang kerap menyebabkan pasangan menjadi sedih, marah ataupun frustasi.

Yuk, kenali beberapa faktor penyebab program bayi tabung belum berhasil:

1. Kondisi Sel Telur


Seluruh sel telur terlihat sama tapi tidak semua bisa membuahkan hasil, kondisi telur setiap wanita juga berbeda-beda. Usia wanita yang melakukan program bayi tabung punya pengaruh yang cukup penting, semakin bertambah usia wanita, kualitas dan kuantitas sel telur wanita mulai memburuk.

2. Kualitas Embrio


Kualitas embrio juga menjadi penyebab paling umum keberhasilan siklus IVF. Program bayi tabung melalui proses perkawinan atau pengkondisian antara sel sperma dengan sel telur dengan cara menyuntikkan satu sel sperma ke dalam satu sel telur, kemudian dimasukkan dalam inkubator dan dalam beberapa hari akan terjadi pembuahan normal membentuk embrio.

Banyak yang mengalami kegagalan pembuahan sehingga tidak terbentuk embrio, atau embrio tidak terlihat sehat yang menyebabkan mati atau tidak tumbuh. Jadi, program IVF juga bergantung pada pembentukan embrio ya dear.

3. Kondisi Ovarium


Indung telur wanita juga bisa mengalami tidak responsif obat IVF sehingga gagal menghasilkan banyak sel telur. Usia wanita di atas 37 tahun atau yang memiliki hormon perangsang folikel tinggi akan mengalami kesulitan memproduksi sel telur. Nah, disinilah pentingnya melakukan konsultasi dengan dokter di awal perawatan IVF.

4. Kelainan Kromosom


Ketika embrio terbentuk juga bisa berpotensi mengalami kegagalan IVF karena bisa terjadi kelainan kromosom. FYI, wanita yang berusia lebih dari 30 tahun punya kecenderungan mengalami kelainan kromosom, dan potensinya meningkat ketika mencapai usia 40-an.

5. Gaya Hidup


Mulai berhenti merokok dan ubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Untuk perokok dan kelebihan berat badan butuh effort dua kali lebih banyak agar siklus IVF berhasil dan lebih besar potensinya mengalami keguguran.

Selvy Wairata, salah satu IVF warrior juga menceritakan pengalamannya mengikuti prorgam kehamilan melalui bayi tabung sebanyak 2 kali yang dilakukan mengambil program kehamilan di Malaysia. Berdasarkan pengalaman teman kerjanya yang memberikan rekomendasi, program bayi tabung di Malaysia lebih murah dan berbeda perawatannya.

Setelah bertahun-tahun belum mendapatkan keturunan, akhirnya pasangan ini mencoba program IVF. Percobaan pertama dengn biaya 50 juta gagal dikarenakan tidak terbentukanya embrio, lalu pada percobaan kedua dengan biaya 70 juta akhirnya berhasil dan mendapatkan anak kembar. Masya Allah, mendengar kisahnya saya ikut terharu dan bahagia.

Cara Mendapatkan Program Bayi Tabung Gratis



Selain pertimbangan biaya yang lebih murah dan bahasa yang lebih mudah, fasilitas perawatan kesuburan di Malaysia patut juga dipertimbangkan. FYI, saat ini Malaysia memiliki 20 pusat perawatan kesuburan terbesar, 5 diantaranya memiliki sertifikasi Reproductive Accreditation Committee (RTAC) yaitu Mahkota Medical Centre in Melaka, Genesis IVF and Island Hospital in Penang, Sunfert International Fertility Centre, TMC Fertility Centre, and Alpha IVF di Kuala Lumpur.

Untuk mengikuti program kehamilan melalui IVF di Malaysia, biaya yang dikenakan mulai dari 50 juta, biaya tersebut tergantung dari kebutuhan hidup selama menjalani perawatan. Tapi, untuk pasangan Indonesia yang merencanakan kehamilan dapat mengikuti program gratis ini, syaratnya memiliki umur kurang dari 35 tahun lalui langsung saja mengirimkan data diri dan pasangan melalui https://medicaltourismmalaysia.id/ivf , pendaftaran ini hanya sampai bulan Maret 2020, jangan sampai ketinggalan ya!.

Bertemu Nussa dan Rara di Festival Jelajah Nussa

Tuesday, December 24, 2019


Moms pasti kenal dengan sosok Nussa dan Rara yang sudah terkenal dengan serial animasi anak islami, banyak juga loh yang menggemari kedua sosok menggemaskan ini. Beruntung sekali, adanya serial animasi yang penuh edukatif ini rutin tayang baik di televisi maupun Youtube, sebagai orang tua, saya sangat terbantu untuk memberikan tontonan yang baik dan layak untuk Rayyan.

Kehadiran serial animasi islami ini seperti menemukan setitik cahaya terang di dalam gelap, ya seperti kita tahu kan belakangan ini sudah jarang tayangan edukatif yang pas untuk anak, ada sih tapi animasinya begitu jadul dan gak menarik, anak cepat bosan. Bahkan moms, di Indonesia tuh jarang banget ada animator yang tertarik untuk buat karakter animasi islami dengan tayangan edukatif yang menyinggung dengan pelajaran islam. 

Gimana gak senang kalau Rayyan suka nonton Nussa dan Rara?, karena setelah nonton serial animasi yang terus diulang, anak saya perlahan jadi hafal perlahan bacaan doa harian, hadist nama-nama nabi, dan belajar akhlak yang baik, itu-tuh yang juga disajikan dengan nyanyian tata cara adab makan yang baik, gemas kan?. Tayangan serial animasi Nussa dan Rara tidak hanya menghibur, tapi terbukti punya nilai edukatif yang mudah diserap dan dipraktekan anak-anak dalam kehidupan sehari-hari.

Sosok Nussa dan Rara yang Mulai Ditiru 




Dalam serial tayangan Nussa dan Rara, keduanya digambarkan sebagai kaka beradik yang penuh kasih sayang, karakter Umma yang baru muncul seakan menambah kegemasan tingkah Rara yang begitu manja dan penuh penasaran. Nussa sebagai kakak laki-laki berusia 9 tahun digambarkan sebagai seorang anak yang punya cita-cita menjadi Hafidz Qur'an, astronot, dan hal yang paling menyentuh adalah Nussa hanya memiiki satu kaki dari lahir, masya Allah. 

Sedangkan, Rara gadis kecil yang kerap bikin gemas penggemarnya berusia 6 tahun. Tingkahnya yang usil, sering juga menggambarkan sosok Umma penuh kesabaran dan keikhlasan. Nussa dan Rara kerap memberikan contoh bagaimana adab dan perilaku yang baik sebagai seorang muslim, contoh kecilnya tidak pernah lupa membaca doa-doa harian, dan selalu mengingatkan hal-hal kebaikan.

Tayangan yang berawal dari web series di youtube, Nussa dan Rara berhasil mendapatkan 4 Juta Subscriber, Animasi yang diproduksi dari Studio The Litte Giantz dan 4Stripe Production ini juga sudah dapat dinikmati di salah satu televisi swasta setiap harinya pukul 06.00 pagi. Sudah luasnya tayangan Nussa dan Rara dikenal, gak heran sih sekarang kalau ketemu orang tua dan anak pasti ada embel-embelnya "ayo kaya Nussa Rara, kalau makan nasi gak boleh ditiup, kalau makan harus baca doa dulu, mau tidur dibersihkan dulu tempat tidurnya" Se-simpel itu tapi sudah lengket di ingatan anak. 

Memberikan tayangan animasi yang layak untuk anak dengan sisipan ilmu agama, inilah tujuan animasi Nussa dan Rara hadir di Indonesia, selain itu dalam rangka hari ibu 22 Desember 2019 lalu, Nussa dan Rara resmi meluncurkan program Islamic Edutaiment Festival dengan tema "Jelajah Nussa". Selain akan bertemu dengan karakter Nussa dan Rara, acara yang berlangsung pada tanggal 28-29 Maret 2020 nanti di Ji-Expo Convention Center, Jelajah Nussa juga akan menyajikan edukasi yang lebih kreatif.

Dalam festival ini, Nussa ingin menyampaikan pesan kepada banyak orang tua Indonesia untuk membentuk anak-anak sebagai generasi cerdas tidak hanya dengan pendidikan akademis di sekolah, namun wajib juga mengajarkan akhlak baik dan pribadi yang mandiri, seperti yang digambarkan oleh karakter animasi Nussa dan Rara.

Momen Spesial Untuk Penggemar Nussa



Setelah berhasil dengan web-series Nussa dan Rara, tahun 2020 nanti akan diselenggarakan festival yang diharapkan anak-anak bisa menikmati sajian edukasi dibungkus dalam suatu taman bermain. Edukasi yang ditekankan dalam festival Jelajah Nussa menyajikan kisah-kisah Nabi dan Rasul, dan beragam sejarah Islam melalui instalasi seni menyenangkan.

Zikri Adyas selaku Product Director Jelajah Nussa dalam acara press conference di Gedung Perfilman Usmar Ismail Jakarta, menyampaikan harapannya melalui festival Jelajah Nussa yang dibungkus dengan konsep kreatif dan menyenangkan ini akan mempermudah anak lebih memahami, menyukai dan juga meneladani kisah-kisah para Nabi. 


Ustadz Cahyo Ahmad Irsyad selaku Content Director Jelajah Nussa menambahkan, dalam festival Jelajah Nussa, anak-anak akan mendengarkan dongeng kisah 25 nabi setiap harinya dengan konsep story telling, nantinya orang tua dapat mengunjungi stand bazar, talk show dan lainnya.

Jadi, jangan sampai ketinggalan ya moms untuk mengunjungi Jelajah Nussa yang merupakan Festival Edutaiment pertama untuk keluarga Indonesia. Jelajah Nussa ini akan memberikan pengalaman petualangan Art Instalation, Storytelling, Medina Market, Halal Food Corner, dan Playpark dengan menyajikan kisah zaman para nabi dalam bentuk pengalaman menarik, seru banget ini karena belum ada konsep Festival seperti ini. 


Tahun 2020 akan menjadi momen spesial untuk penggemar Nussa, karena selain ada festival Jelajah Nussa, akan ada gebrakan baru yang telah disiapkan untuk keluarga di Indonesia. Sadar akan pentingnya anak-anak diberikan ajaran mengenai agama islam sedini mungkin dengan cara menyenangkan, Nussa akan hadir dalam serial animasi yang diangkat ke layar lebar, gak sabar kan menanti film Nussa di bioskop Tanah Air?.

Untuk berkunjung ke Festival Jelajah Nussa, Tiket jelajah Nussa dapat dicari melalui website eventholic.id , harga tiket masuk Jelajah Nussa 125.000/orang. Nah, informasi lebih lanjut bisa kalian cari dengan mengikuti media sosial Jelajah Nussa. 

Instagram

@Jelajahnussaofficial
@nussaofficial


Perawatan Kulit Wajah dan Terapi Akupuntur Klinik Sakti Medika

Monday, December 23, 2019
Dear, sadar gak sih, semakin  bertambahnya usia, perawatan kulit wajah semakin rumit?. Sadar juga gak sih, semakin bertambah usia mudah sekali berat badan naik dan untuk menurunkan berat badan seperti saat single belum punya anak, itu sulit sekali, betul tidak?.


Memiliki wajah bersih, glowing, berseri memang menjadi idaman perempuan. Kalau wajah kita glowing dan terawat, otomatis akan meningkatkan percaya diri. Begitu juga dengan saya dear, paling gelisah kalau kulit wajah saya mulai rewel, apalagi kalau sudah muncul kusam atau flek, duh sebagai flight attendant yang harus selalu tampil fresh, sudah fatal banget buat saya.

Selain kulit wajah yang harus selalu terawat dan glowing, tuntutan profesi flight attendant adalah menjaga penampilan, termasuk berat badan. Kalau sudah melebihi batas ideal berat badan sebagai pramugari, saya dituntut harus segera diet, padahal diet itu gak gampang, godaannya banyak.

Dari situlah saya harus memilah mencari tempat perawatan kesehatan dan kecantikan kulit yang aman dan optimal, tentunya harus dilakukan oleh ahli yang tepat yaitu Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (SpKK). Beruntungnya, saya sudah mengenal Klinik Sakti Medika yang sudah berdiri sejak 23 tahu lalu, dan baru saja berulang tahun, happy banget tahun ini saya diundang perayaan ulang tahun Klinik Sakti Medika.

Perawatan Kulit dan Tubuh Sesuai Kebutuhan dan Aman 


 

Ingin tampil menarik dan cantik seperti memiliki kulit wajah yang bersih, berseri dan glowing, dan juga bentuk tubuh yang ideal, tidak bisa diperoleh secara instan. Kalau dilakukan secara instan, perlu dipertanyakan perawatan kulit wajah dan tubuh tersebut aman bagi kesehatan atau tidak?. Kalau tidak aman tentunya akan mengganggu kesehatan, percuma kan kalau sudah berpenampilan menarik tapi tidak optimal hasilnya.

Penting banget untuk tahu terlebih dahulu ahli dan sarana perawatan yang tepat untuk mendapatkan hasil yang aman, efektif, jangka panjang dan sesuai kebutuhan. Komitmen itulah yang dipegang oleh Klink Sakti Medika yang sudah berdiri sejak 18 Desember 1996, menyediakan perawatan kesehatan dan kecantikan yang optimal untuk masyarakat dari segala usia, baik perempuan maupun laki-laki, dilakukan oleh ahli yang kompeten dengan beragam alat memiliki teknologi modern berkualitas.

Pengalaman Klinik Sakti Medika selama 23 tahun dengan perkembangan pesat industri kecantikan dan menghadirkan berbagai alternatif perawatan kulit dan tubuh yang belum tentu sesuai kebutuhan dan aman bagi kesehatan, tidak menghentikan Sakti Medika terus memberikan edukasi kepada masyarakat agar mampu mendefinisikan kesehatan dan kecantikan kulit dan tubuhnya.

Agar memperoleh sarana dan ahli perawatan kulit wajah dan tubuh dengan tepat, Elvira Megasari Saragih, S.Kom, MBA, Direktur Marketing Klinik Sakti Medika, memberikan notice untuk selalu pastikan ahli perawatan memiliki gelar dokter SpKK, memiliki Surat Izin Praktek (SIP) yang ditampilkan dengan jelas di lokasi praktek, jadi tidak boleh sembarangan melakukan perawatan ya dear.

Perawatan Kulit Wajah Klinik Sakti Medika



Merawat kulit wajah itu harus teliti dan rajin. Teliti untuk mengetahui jenis kulit, kondisi kulit dan usia, maka itu, sebenarnya merawat kulit wajah paling aman dengan melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya. Founder Klinik Sakti Medika yang juga sudah terkenal sebagai ahli perawatan kulit wajah, dr. Tina Wardhani Wisesa, SpKK (K), FINSDC, FAADV, menjelaskan kalau jenis kulit setiap orang berbeda, dan telah ditentukan secara genetik dari kecil.

Dengan melakukan konsultasi bersama ahlinya, setiap jenis kulit yang membutuhkan perawatan dengan menggunakan bahan yang berbeda, akan sangat membantu diagnosa kebutuhan kulit melalui pemeriksaan intensif, nantinya akan membantu mendapatkan produk perawatan andal dan tepat, dan juga membantu memilih tindakan tepat menggunakan alat atau teknologi yang dibutuhkan.

Klinik Sakti Medika memiliki Dokter SpKK yang unggul dalam menentukan ataupun mengkombinasikan tindakan khusus sesuai dengan kondisi kulit dengan melakukan analisis kebutuhan kulit wajah. Selain permasalahan kulit wajah, Dokter SpKK juga dapat menangani permasalahan kulit di seluruh tubuh, rambut, kuku, selaput lendir, seperti eksim, psoriaris, rambut rontok, infeksi kulit dan kelamin, alergi, tumor kulit jinak. 

Untuk perawatan kulit wajah Klinik Sakti Medika terdapat beragam pilihan, tergantung hasil dari konsultasi dokter untuk tiap perawatan tentunya akan berbeda. Berikut ini ragam pilihan perawatan kulit wajah yang tersedia.
  • Facial dengan ragam pilihan untuk remaja, ibu hamil, glowing, dan sebagainya
  • Dermatovenereology seperti skin rejuvenation, acne treatment, dan sebagainya
  • PRP dan Mesotherapy, seperti mesoglow, mesolift, booster filler, dan sebagainya
  • Chemical Peeling
  • Lengkapnya langsung saja kunjungi website resmi Klinik Sakti Medika

Terapi Akupuntur Aman dan Efektif 




Klinik Sakti Medika juga menyediakan terapi akupuntur untuk perawataan kecantikan dan kesehatan, salah satunya berkaitan dengan penampilan ideal bentuk tubuh. Memang susah dear, kalau hanya menurunkan berat badan dari diet, atau minum obat pelangsing yang khawatir ada efek sampingnya. Salah satu cara untuk menurunkan berat badan dan merampingkan tubuh (body slimming) yang aman dan efektif dengan terapi akupuntur, tentunya harus dilakukan dengan dokter Spesialis Akupuntur.

Dokter Spesialis Akupuntur Klinik Sakti Medika, dr. Hety, Sp.Ak menyampaikan, Akupuntur merupakan terapi dengan perangsangan titik tertentu di permukaan tubuh yang berperan menurunkan berat badan melalui cara,

  • Mengatur pusat lapar kenyang di otak, sehingga dapat menurunkan nafsu makan
  • Meningkatkan tonus lambung sehingga porsi makan berkurang, 
  • Memperbaiki metabolisme gula dan lemak sehingga penumpukan lemak berkurang. 

Akupuntur tidak hanya dilakukan dengan jarum, tapi dapat dilakukan dengan teknik elektro akupuntur, aquapuntur, tanam atau tarik benak, dan alat dengan teknologi modern lainnya. Berbagai macam cara terapi akupuntur tersebut dapat ditemukan di Klinik Sakti Medika.

Layanan Kesehatan dan Kecantikan Klinik Sakti Medika


 

Perawatan kesehatan dan kecantikan tentunya harus didukung dengan kepatuhan tinggi menjalani gaya hidup sehat, makan makanan bergizi dan seimbang, minum air putih 2 liter sehari, rutin olahraga, dan tidur cukup berkualitas.

Klinik Sakti Medika menyediakan layanan yang lengkap, terdiri dari 11 dokter ahli SpKK, Sp.Ak dan dokter umum, alat dengan teknologi modern dan canggih, produk yang aman dengan hasil efektif. Berikut ini layanan dari Klink Sakti Medika yang bisa kamu coba,
  • Facial
  • Salon dan SPA
  • Instalasi farmasi
  • Cafe
  • Kids Corner


Alamat Klinik Sakti Medika

Jl. Tebet Barat I No.5, Tebet, Jakarta Selatan

Website


Instagram


Layanan Terbaru GrabHealth powered by Good Doctor

Sunday, December 15, 2019



Pesatnya perkembangan teknologi di Indonesia, membuat segala sesuatunya tanpa disadari membuat kita lebih mudah melakukan segala aktivitas sehari-hari. Mulai dari transportasi online, kirim barang, pesan makanan hingga urusan kesehatan. Seperti sebuah flatform yang baru saja diluncurkan oleh Grab Indonesia. Flatform tersebut adalah GrabHealth powered by Good Doctor.

Mengenal Grab Indonesia




Grab Indonesia adalah super app terkemuka di Asia Tenggara, menyediakan banyak layanan harian yang paling berarti bagi konsumen termasuk di Indonesia. Saat ini, aplikasi Grab telah diunduh sebanyak lebih dari 163 juta kali, memberikan pengguna Grab kemudahan untuk terhubung dengan 9 juta mitra pengemudi dan agen. Tidak hanya itu saja, Grab memiliki armada transportasi darat yang besar dan telah mencapai lebih dari 4 miliar perjalanan sejak didirikan pada tahun 2012. Grab menyediakan layanan transportasi on-demand di Asia Tenggara, serta layanan pengantaran makanan dan barang di lebih dari 339 kota di 8 negara. 

Setelah berhasil menyediakan layanan terbaik untuk para konsumen yang saat ini sudah biasa kita akses, bulan ini Grab Indonesia menambah layanan untuk para konsumen yaitu GrabHealth powered by Good Doctor.

Beruntungnya, saya menghadiri peluncuran GrabHealth ini, jadi kemarin saya mendapatkan informasi lebih jelas mengenai GrabHealth ini, yuk  dear disimak!.

GrabHealth powered by Good Doctor



GrabHealth powered by Good Doctor merupakan solusi layanan kesehatan lengkap yang menyediakan tanya jawab kesehatan secara daring (online) dengan dokter-dokter profesional, E-commerce (perdagangan elektronik) untuk berbagai produk kesehatan & kebugaran serta berbagai konten mengenai kesehatan, kebugaran dan gaya hidup yang dikurasi oleh tim dokter.

Indonesia merupakan pasar pertama yang Grab meluncurkan layanan kesehatan digital di aplikasinya. Didukung oleh jangkauan geografis Grab yang luas di Indonesia, GrabHealth powered by Good Doctor hadir dengan tujuan untuk meningkatkan akses terhadap layanan dokter dan kesehatan berkualitas bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Layanan GrabHealth



Untuk layanannya sendiri, walau baru, bisa dibilang GrabHealth wajib banget kalian install. Selain karena layanannya yang lengkap, cara menggunakan layanannya juga mudah.



GrabHealth powered by Good Doctor, menyediakan berbagai layanan kesehatan digital, termasuk :


  1. Tanya jawab kesehatan secara daring (online) dengan dokter-dokter profesional bersertifikat: pengguna dapat berbicara dengan dokter bersertifikat dalam beberapa menit melalui obrolan, panggilan, atau panggilan video untuk menjelaskan masalah kesehatan yang mereka;
  2. Membuat perjanjian konsultasi tatap muka dengan dokter: pengguna dapat membuat perjanjian dengan dokter medis pilihan untuk melakukan konsultasi secara langsung. Konsultasi tatap muka dengan dokter yang dirujuk akan secara otomatis dijadwalkan di dalam platform;
  3. E-commerce (perdagangan elektronik) untuk berbagai produk kesehatan & kebugaran: pengguna dapat membeli produk kesehatan & kebugaran melalui platform, dan produk akan dikirimkan segera oleh pengemudi Grab ke depan pintu mereka pada hari yang sama;
  4. Konten mengenai kesehatan, kebugaran dan gaya hidup yang dikurasi oleh dokterpengguna dapat mencari dan menerima pesan notifikasi tentang informasi kesehatan, kebugaran, dan gaya hidup yang dikurasi oleh dokter, termasuk artikel, tips, dan video.

Kenapa Good Doctor?


Kerjasama yang dijalin kali ini oleh Grab dengan Good Doctor menurut dr. Adhiatma Gunawan, Head of Medical Management Good Doctor Technology Indonesia bahwa  visi  dan misi menyediakan ‘Satu Dokter untuk Satu Keluarga (One Doctor for One Family)’ di Indonesia sejalan dengan visi dan misi Grab untuk memberikan pelayanan bagi para pelanggan.


Grab pun percaya bahwa setiap orang berhak memiliki akses ke layanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau. Untuk itu sebagai bagian dari investasi Softbank senilai US$2 miliar yang diumumkan pada Juli lalu saat kunjungan kepada Presiden Jokowi, kami sangat senang meluncurkan GrabHealth powered by Good Doctor, sebagai upaya pertama kami untuk memberikan layanan kesehatan online.

Didukung dengan jangkauan yang luas di seluruh wilayah Indonesia dan pemahaman mendalam mengenai pasar dalam negeri, kami berharap GrabHealth powered byGood Doctor dapat menjadi solusi yang layak untuk memperluas aksesibilitas layanan kesehatan berkualitas, sehingga dapat meningkatkan kualitas kehidupan keluarga dan komunitas yang kami layani di seluruh Indonesia, ungkap Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia.


Bagaimana, langsung penasaran untuk mengakses layanan terbaru dari Grab ini kan?. Untuk informasi lebih lengkap mengenai Grab Indonesia dan GrabHealth bisa mengunjungi www.grab.com yaa!.



Respimer Baby Nasal Spray, Cara Untuk Atasi Hidung Tersumbat Ketika Anak FLU

Sunday, December 8, 2019
Hai Dear,


Sering tidak mengalami anak rewel pas lagi demam karena mengalami FLU dan hidung tersumbat?. Rayyan, anak saya baru aja kemarin mengalami demam, selain maunya selalu dekat sama mommy-nya, Rayyan juga super rewel karena merasa tidak nyaman.

Ketika anak rewel selalu membuat ibu khawatir, iya dear saya panik kalau melihat Rayyan rewel, apalagi pas FLU demam seperti beberapa waktu lalu. Rayyan menjadi rewel karena kesulitan bernafas, dan tidak seperti orang dewasa seperti kita yang bisa mengeluarkan ingus atau cairan lendir di dalam hidungnya, akibatnya lendir itu tertahan dan menyumbat saluran pernafasan.

Sebagai orang dewasa aja, ketika FLU lagi datang pasti terasa pusing, belum lagi suka meler, duh pokoknya super gak nyaman, gimana dengan anak yang sedang terkena FLU?. Biasanya sih kalau anak kena FLU, gak langsung saya bawa ke dokter, selama demamnya tidak lebih dari seminggu dan masih bisa saya  awasi  di rumah tidak ada tanda-tanda lain selain FLU dan batuk, pertolongan pertama yang saya lakukan terapi menggunakan diffuser ditambah essential oil.

Essential oil yang fungsinya membersihkan udara di sekitar rumah, dan bikin relax Rayyan sedikit membantu mengurangi rewelnya, tapi hidungnya tetap tersumbat, karena kan namanya lendir atau ingus harusnya segera dikeluarkan.

Untuk membuat nafas Rayyan lebih lega, sering juga dibantu dengan menjemur Rayyan di pagi hari, tapi lagi-lagi keadaannya berbeda karena anak saya lagi aktif-aktifnya dan sudah sulit diajak kerja sama. Jalan satu-satunya, mencari cara lain untuk atasi hidung tersumbat pada anak.

Kenali Penyebab Hidung Tersumbat Pada Bayi dan Anak



Menjelah musim hujan, pergantian musim dari panas kering ke musim hujan sangat rentan terserang virus maupun bakteri yang bisa menyebabkan penyakit, seperti flu dan batuk. Apalagi usia bayi dan anak, sistem imun atau kekebalan tubuhnya belum stabil, gak heran kemarin Rayyan demam disertai flu di musim peralihan ini.

Beruntungnya, Minggu 1 Desember 2019 lalu saya sempat datang ke ajang pameran Indonesia Maternitu, Baby and Kids Expo atau IMBEX 2019. Berkunjung ke IMBEX di hari terakhir cukup ramai, banyak sekali ibu-ibu bawa anak mulai dari usia baby, duh harus hati-hati dear bawa bayi keluar di usia masih rentan gitu.

Lagi mengitari IMBEX, ternyata ada talkshow yang pas banget mengenai cara mengatasi flu pada anak, dipersembahkan oleh Respimer. Rayyan sering bolak-balik nih kena flu, seperti yang saya ceritakan sebelumnya, pas lagi flu hidungnya tersumbat berujung kerewelan yang bikin saya resah.

Talkshow yang menjelaskan seputar Flu pada Bayi dan Anak dibahas oleh dr.Intan Diana Sari, pertama menjelaskan penyebab hidung tersumbat. Ketika anak mengalami batuk dan flu, biasanya memang terjadi penumpukan cairan di hidung si kecil, akhirnya menyebabkan pembuluh darah dan sel-sel yang ada di permukaan dalam hidung mengalami bengkak.


Hidung tersumbat pada bayi dan anak saat batuk dan pilek juga bisa disebabkan karena :

  • Alergi
  • Infeksi virus (FLU)
  • Infeksi bakteri

Ketika Rayyan demam disertai FLU, memang tindakan saya gak langsung bawa dia ke dokter. Terus, kapan kita harus membawa anak ke dokter ketika sedang batuk dan flu?

  • Saat anak mengalami pilek disertai demam lebih dari 39 derajat celcius
  • Saat mata anak mulai berair dan memerah
  • Saat anak rewel dan kualitas tidur terganggu karena sakitnya, apalagi ketika anak sampai sulit atau jadi tidak suka menyusui
  • Saat anak mengalami flu tidak kunjung membaik dalam waktu 5 hari

Nah, kalau anak sedang FLU dan batuk sebenarnya bisa diobati dengan cara terapi di rumah, biasanya sih ini yang saya lakukan bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat pada anak dan bayi,

  • Atur suhu ruangan di sekitar bayi dan anak agar tidak terlalu dingin, suhu bayi harus dijaga
  • Bersihkan cairan atau lendir yang mengeras pada hidung bagian luar bisa dengan menggunakan kapas yang telah dibasahkan dengan air hangat
  • Hangatkan dada dan punggung anak dengan cream atau minyak penghangat untuk membantu meringankan pernapasannya yang tersumbat
  • JIka masih bayi, sebaiknya bayi tetap dijemur pada panas matahari sekitar pukul 07.30-08.30 walau waktunya singkat
  • Jika hidung bayi atau anak mampet, bisa dilakukan penyemprotan hidung dengan larutan nasal spray ke lubang hidung bayi, dan bisa pula setelah ingus encer digunakan alat penyedot ingus bayi untuk membersihkan hidung

Ternyata, untuk membantu meredakan flu dan hidung tersumbat pada anak bisa dibantu dengan merawat kebersihan hidung anak. Tidak perlu dengan obat oral, tapi bisa melakukan perawatan hidung yang tersumbat dengan menggunakan Respimer Baby Nasal Hygine. Akhirnya, saya punya solusi untuk Rayyan kalau hidungnya sedang tersumbat.

Respimer Baby Nasal Hygine Bebaskan Anak dari Hidung Tersumbat



Ingat rangkaian wudhu gak dear? salah satunya membersihkan hidung. Nah, salah satu manfaat rajin merawat kebersihan hidung itu bisa membersihkan dari debu, polusi dan kotoran yang mungkin aja membawa virus atau bakteri. Selain itu, kalau kita wudhu air yang masuk ke hidung dan beberapa cara seperti menghirup air ini bermanfaat juga mengencerkan lendir yang kental.

Ternyata juga, mencuci hidung itu juga merupakan tradisi pengobatan di India sejak ribuan tahun lalu. Mencuci hidung juga bantu bersihkan penyebab radang dan menjaga kelembaban rongga hidung. 

Gak mungkin kan suruh Rayyan menghirup air, kalau tersedak bisa berbahaya. Solusi paling aman untuk atasi hidung tersumbat, ya dengan menggunakan Respimer Baby Nasal Hygine yang merupakan cairan semprot hidung untuk membantu mengeluarkan ingus atau lendir pada bayi dan anak ketika terkena flu.

Respimer ini mengandung 100% air laut terbaik di dunia dari ST. Malo Bay yang terletak di kota ST Malo di provinsi Britany, Perancis. FYI, air laut di seluruh dunia kadar NaCl hanya 3 - 3.5%, idealnya menggunakan kadar yang sesuai dibutuhkan oleh cairan tubuh yaitu 0.9%.

Untuk mendapatkan nilai kadar NaCl yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, biasanya harus diturunkan dengan dicampur air biasa, sayangnya pada proses pengeceran bisa menurunkan kadar mineral yang terkandung pada air laut.

Berbeda dengan air laut dalam Respimer di proses melalui Electrodialysis yang dipatenkan, selain dapat menurunkan NaCl tanpa mengurangi mineral di dalamnya. Jadi, cairan Respimer ini mengandung 100% air laut dengan kandungan mineral yang dipertahankan.

Product Knowledge Respimer Baby Nasal Spray


Produk semprot hidung bayi ini terdiri dari 2 varian yaitu Respimer Baby Nasal Hygiende 115ml dan Respime Baby Decongestant 60 ml. Keduanya punya fungsi, manfaat dan cara pakai yang berbeda. Untuk keluhan Rayyan ketika demam kemarin flunya masih tergolong ringan, saya menggunakan Respimer Baby Nasal Hygiene.

Respimer Baby Nasal Hygiene



Memiliki bentuk spray yang sangat lembut, terdiri dari air laut, 80 mineral + trace element, 0,9% Nacl yang kadarnya mirip dengan kebutuhan cairan tubuh manusa. Ukuran yang tersedia 115 mL dengan harga sekitar Rp  290.000 - Rp 310.000.

Varian ini sangat cocok digunakan bayi sejak usia 0 bulan dan cocok untuk digunakan sehari-hari untuk membersihkan hidung dari cairan ketika awal flu, dan untuk mencegah terjadinya infeksi. Aturan pemakaian Respimer Baby Nasal Hygiene cukup 2 - 4 dalam satu hari.

Respimer Baby Decongestant 



Memiliki konsentrasi garam yang lebih tinggi dari cairan tubuh manusia, karena fungsinya sebagai Hipertonik. Air laut pada varian ini memiliki konsentrasi 2,2% NaCl, kandungan 80 mineral dan trace element, sangat membantu untuk proses penyembuhan pada flu berat.

Respimer Baby Decongestant memiliki manfaat untuk membersihkan dan melegakan hidung tersumbat akibat alergi udara dingin, atau flu berat. Varian ini dapat digunakan bayi sejak usia 1 bulan lebih, dengan aturan pakai cukup 2 - 3 kali dalam sehari.


Cara Menggunakan Respimer Baby


  1. Terlebih dulu cuci tangan kita menggunakan sabun dengan air mengalir. Siapkan Respimer Baby Spray dan juga tisu (untuk bersihkan cairan hidung).
  2. Letakan bayi dalam posisi tidur dan pastikan posisinya tidak berubah, kalau perlu letakan handuk atau selimut di kaki bayi.
  3. Miringkan kepala bayi dan mulai masukkan ujung Tip Respimer ke dalam lubang hidung pelan-pelan, dan semprotkan selama 2 - 3 detik.
  4. Kemudian miringkan kepala bayi ke sisi sebaliknya, dan lakukan langkah seperti sebelumnya.
  5. Bersihkan cairan atau kotoran yang keluar dari hidung bayi, lap dengan tisu pelan-pelan.
  6. Jangan lupa untuk membersihkan Tip Respimer Spray dengan air mengalir, kemudian simpan kembali setelah dikeringkan.

Review Menggunakan Respimer Baby Nasal Spray


Setelah mencoba menggunakan Respimer Baby Nasal Hygiene pada Rayyan ketika mengalami demam disertai flu ringan beberapa waktu lalu, Respimer ini sangat membantu meredakan dan melegakan hidung Rayyan, tanpa menimbulkan rasa perih.

Berikut ini review dari saya, ketika menggunakan Respimer Baby Nasal Hygiene ;

  • Spray yang keluar sangat lembut, sehingga tidak menimbulkan rasa perih di hidung
  • Ujung noozle ada tip yang aman untuk bayi dan anak, dan memberikan semprotan micro-difusi 
  • Semprotannya tidak menggunakan Gas Propilen yang sangat berbahaya karena mudah terbakar
  • Mengandung 80 mineral yang baik untuk kesehatan hidung
  • Lebih cepat atasi hidung tersumbat.

Alhamdulillah, tidak lama dibantu dengan Respimer, Rayyan berangsur pulih. Respimer akan selalu tersedia di rumah, karena sebagai langkah saya mencegah Rayyan kembali terkena flu. Gak perlu khawatir dengan kualitasnya, karena Respimer ini sudah menjadi rekomendasi oleh Dokter spesialis Anak dan THT.

Dear, kalau kalian sering mengalami anaknya kena flu berulang kali dan hidung si kecil tersumbat, jangan panik lagi ya, tinggal sediakan Respimer Baby Nasal Spray.