AMALLIA SARAH

Image Slider

Virus Corona Bisa Dicegah Melalui Jaga Kebersihan Diri

Monday, February 10, 2020
Hai dear,



Sudah tahu wabah Virus Corona yang terjadi di kota Wu han, China? Wajar memang kalau kita resah dan takut virus corona bisa sampai Indonesia, tapi kita tidak perlu panik secara berlebihan, apalagi sampai menyebarkan, menerima berita hoax terkait virus corona yang banyak tersebar.

Cukup merasakan empati dan prihatin dengan korban beserta keluarganya yang mengalami virus corona. Virus ini cepat sekali menyebar, per-tanggal 4 Februari 2020, secara global sudah tercatat sebanyak 20.630 orang terinfeksi, dan korban meninggal sebanyak 425 orang di Cina. Tidak perlu panik, yang perlu dilakukan adalah siap siaga untuk melakukan pencegahan sejak dini, caranya?

Cara mencegah virus Corona bisa dimulai dengan banyak mencari informasi mengenai virus, tentunya dari berita yang dapat terverifikasi, contohnya dari Kementerian Kesehatan. Nah, yuk kita mulai kenalan dulu dengan Virus Corona.

Mengenal Virus Corona


Kebetulan beberapa hari lalu, saya menghadiri edukasi mengenai Virus Corona yang diselenggarakan oleh MundipharmaGermas, dan Ikatan Dokter Indonesia. Senang rasanya, saya akan berbagi informasi yang diperoleh dari acara ini, dan lebih tenang menyikapi Virus Corona karena ternyata bisa dicegah loh!

Penting sekali untuk kalian tahu bagaimana Novel Corona Virus (2019-nCOV) yang ternyata sudah hidup bersiklulasi diantar hewan termasuk kucing, kelelawar dan onta, virus ini juga jarang menginfeksi manusia.


Seperti yang disampaikan oleh dr. Daeng M.Faqih., SH., MH selaku Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia, Novel Corona Virus ini merupakan virus jenis Zoonosis seperti MERS atau SARS yang seharusnya hidup di tubuh hewan, sangat jarang manusia bisa terinfeksi virus ini, namun ternyata saat ini sudah bisa menginfeksi tubuh manusia.

Penyebaran virus Corona di kota Wu Han, China memang sangat cepat. Dalam hitungan jam, ribuan orang sudah positif terinfeksi virus Corona jenis baru. Bermula pada akhir Desember 2019, WHO China Country Office menerima laporan 44 pasien dengan kasus Pneumonia yang tidak biasa, kemudian tanggal 7 Januari 2020 dapat diisolasi. 

Hasil identifikasi, penyebabnya ditemukan jenis coronavirus yang berpindah dari hewan ke manusia, dimana strain coronavirus baru ini belum teridentifikasi sebelumnya. Memang sebagian besar kasus terpapar Virus Corona berlokasi di Pasar Seafood kota Wu Han (Huanan Seafood Wholesale Market).

Penularan Virus Corona Dari Sup Kelelawar, Benarkah?




Bagaimana sih virus corona yang bermula hidup di hewan bisa berpindah ke manusia? Virus Corona cenderung hanya bisa bertahan hidup di cuaca dingin dengan kelembabab rendah, bersyukur Indonesia merupakan Negara tropis dengan udara kelembaban tinggi, sehingga virus corona hanya dapat bertahan di luar tubuh manusia beberapa menit saja.

Berita yang cukup banyak beredar mengenai virus corona bermula dari kebiasaan warga Wu Han menyukai makanan sup kelelawar, hal ini dikonfirmasi oleh DR. Dr. Erlina Burhan, Msc, SP.P(K) selaku Pokja Infeksi Pengurus PusatPerhimpunan Dokter Paru Indonesia, seperti virus Influenza, sebenarnya Virus Corona akan mati pada suhu 60 derajat, sehingga jika daging kelelawar dimasak sampai matang tentunya tidak bisa menjadikan penyebab utama virus ini bisa menginfeksi manusia.

Adapula kabar Virus Corona dapat menulai melalui pandangan mata, berita ini sangat menyesatkan. Kemungkinan melalui pandangan mata adalah ketika tangan yang terpapar Virus Corona kemudian memegang mata yang bisa menjadikan penyabab cara penularan melalui mukosa mata.

Lalu, adapula berita Virus Corona bisa menyebar melalui buah-buahan, Virus Corona dapat diobati dengan bawang putih dan minum alkohol. Perlu dicatat ya, Virus Corona berkembang biak pada hewan, jadi tidak mungkin tumbuh dan berkembang pada buah-buahan. Dan super kaget banget, ternyata hingga saat ini data dari Kemenkominfo sudah memperoleh 57 berita hoax terkait Virus Corona, jadi harus hati-hati!

Walaupun hingga saat ini masih dilakukan penelitian penularan, obat maupun vaksin Virus Corona, Dr. Erlina menyampaikan penjelasan yang benar mengenai kemungkinan bagaimana penularan Virus Corona dari manusia ke manusia, berikut ini ya bisa dipahami.


  • Virus Corona dapat menular melalui batuk, bersin, tertawa, maupun saat berbicara, mengapa? Percikan yang keluar dari saluran pernapasan atau droplets dapat melampaui jarak tertentu (umumnya 1 meter) pada permukaan mukosa yang rentan.
  • Virus Corona dapat menular melalui kontak erat secara personal, contohnya berjabat tangan atau menyentuh bagian yang terkontaminasi, lalu secara tidak sengaja memegang mulut, hidung atau mata.
  • Virus Corona juga dapat menular melalui feses.

Jadi, sangat jelas ya Virus Corona dapat menular ketika terjadinya kontak langsung melalui droplet atau cairan dari penderita, lalu terhirup dan masuk melalui saluran pernafasan atas dan paru-paru. Untuk daya jangkau cairan ini hanya 1 – 1,8 meter bisa menularkan virus corona, jadi kebersihan diri terutama tangan dan saluran pernafasan sangat mungkin memutus rantai penyebaran Virus Corona.

Cara Mencegah Penularan Virus Corona




Virus membutuhkan sebuah reseptor di dalam tubuh manusia agar bisa tumbuh berkembang biak. Ketika sudah bertemu dengan reseptor yang terdapat pada saluran pernapasan dan saluran pencernaan, barulah virus ini dapat berkembang biak pada manusia.

Tidak heran, saat ini kebutuhan masker sangat penting, tujuannya mencegah kontaminasi atau cairan dari virus corona ini. Gak cuma itu, menjaga kebersihan diri juga penting, jangan pernah lupa untuk selalu membersihkan tangan dengan antiseptik sebelum memegang mulut, hidung dan mata kita.

Berikut ini yang bisa kita lakukan untuk mencegah penularan virus corona, mudah kok diterapkan.

1. Rajin Bersihkan Tangan 


WHO menyarankan untuk sering lakukan cuci tangan selama 20 detik menggunakan sabun dan bilas dengan air mengalir. Membersihkan tangan juga bisa dilakukan dengan cairan antiseptik, yang paling mudah siapkan selalu handsanitizer di tas kalian ya!

2. Gunakan Masker dengan Benar


Berita yang beredar masker yang paling bagus digunakan adalah jenis masker  N95, hal ini tidak dibenarkan jika digunakan keseharian karena jenis ini biasanya digunakan untuk tim medis atau petugas kesehatan saat berada di ruang isolasi. Masker ini memiliki filter 95% dengn 0,3um partikel yang memiliki kemampuan menahan virus, sayangnya masker ini sangat tebal, jadi untuk digunakan keseharian akan terasa engap.

Maka, disarankan gunakan masker bedah. Masker bedah yang biasa kita lihat berwarna hijau ini punya 3 lapisan, yaitu waterproof pada lapisan berwarna hijau bertujuan untuk mencegah percikan masuk, lalu lapisan tengah terdapat filtrasi yang dapat menahan 90% partiker 5um, sert lapisan dalam berwarna putih yang bermanfaat untuk absorbsi lembab atau basah.

Masker bedah hanya bisa digunakan sekali pakai, jika basah ataupun kotor harus segera diganti. Masker bedah dapat diganti setiap 2-4 jam, jangan pernah menyimpan dan menggunakan kembali masker bedah ini. Selalu biasakan cuci tangan setelah membuka masker ya!

3. Tingkatkan Imunitas Tubuh


Daya imun tubuh yang baik akan membantu melawan virus yang menyerang tubuh kita, tingkatkan imunitas tubuh dengan cara makan sayuran dan bergizi, hindari makanan daging mentah, konsumsi air mineral, istirahat cukup dan olahraga.

4. Hindari Tempat Umum

Jika tidak ada kebutuhan yang urgent, sebaiknya hindari tempat umum yang terlalu banyak orang. Khususnya untuk kamu traveler atau hendak ke luar negeri, lebih baik tingkatkan kehati-hatian, jangan lupa pakai masker ya!

5. Jaga Kebersihan Rongga Mulut dan Tenggorokan

Rutin berkumur dengan obat kumur yang mengandung Povidone Iodine yang sudah terbukti dapat mencegah virus.

6. Kenali Gejala

Gejala pada infeksi virus corona mirip dengan pneumonia pada umumnya, diantaranya demam, lemas, batu kerin, sesak atau kesulitan bernapas, dan perlu waspada pada orang dengan usia lanjut serta balita. Jika sudah merasakan gejala tersebut, segera periksa ke dokter dan istirahat di rumah.

Walaupun infeksi virus bisa dilawan oleh daya imun tubuh kita sendiri, tidak bisa dianggap sepele karena penyebarannya terbilang cukup luas dan sangat cepat. Maka itu, penting sekali untuk kita tetap mawas diri selalu menjaga kebersihan tangan dan saluran pernafasan.

Dengan itu, kita bisa membantu memutus rantai virus corona, khususnya mencegah penularannya di Indonesia. Jangan lupa untuk berikan edukasi pentingnya menjaga kebersihan diri dengan lingkungan terdekat kita, sebarkan informasi yang benar untuk meluruskan hoax berita yang tidak benar ya!


Malaysia Healthcare Expo 2020 Sediakan Informasi Pelayanan Kesehatan Kelas Dunia

Friday, February 7, 2020
Hai dear,



Siapa yang pernah liburan ke Malaysia? Negara yang paling dekat dan paling banyak kesamaannya dengan Indonesia ini memang punya jumlah wisatawan Indonesia yang cukup tinggi. Banyak sekali tempat wisata di Malaysia yang bisa kita kunjungi, selain punya bahasa yang lumayan mirip dengan Indonesia, nilai tukar rupiah Malaysia juga sangat murah.

Sering juga kan, lihat artis berkunjung ke Malaysia bukan Cuma untuk liburan?, tapi untuk berobat atau melakukan perawatan kesehatan. Nah, itulah yang sedang dilakukan oleh Malaysia untuk mengajak masyarakat Indonesia lebih aware dengan kesehatan fisik dan mental melalui mendapatkan layanan kesehatan dengan tempat yang nyaman, sekaligus menikmati berbagai tempat wisata.

Sambil cek rutin kesehatan sekaligus menikmati atraksi wisata di Negeri Jiran?, itu sih yang sudah banyak dilakukan wisatawan Indonesia yang sudah berkunjung ke Malaysia kurang lebih 3,6 juta dan hampir 40% dari jumlah itu datang untuk berobat juga.

Nah, kalian mau tahu gak fasilitas kesehatan apa saja yang ditawarkan Malaysia? Datang saja ke Malaysia Healthcare Expo 2020 yang sedang berlangsung pada 6 – 9 Februari 2020 di Mall Kelapa Gading 3, Jakarta Pusat. 

Informasi Layanan Kesehatan di Malaysia Healthcare Expo 2020





Negara Malaysia tidak hanya berkembang sebagai tujuan tempat berwisata saja, tapi berkembang juga menjadi destinasi perjalanan kesehatan kelas dunia dalam waktu yang cepat. Terbukti pada tahun 2015 sampai 2019, Malaysia dinobatkan sebagai “Best Country in the World for Healthcare” oleh majalah AS International Living dan tahun 2015 sampai 2017 dinobatkan juga sebagai Destination of the Year” oleh International Medical Travel berdasarkan tiga kriteria utama: kualitas, kemudahan akses dan jangkauan harga.

Tahun ini, melalui inisiatif dari Malaysia Year of Healthcare Travel 2020 (MyHT2020), menggelar pameran di Indonesia. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat Indonesia mencari informasi layanan kesehatan kelas dunia lebih banyak dan lebih mudah diakses, serta terjangkau. Layanan kesehatan yang ditawarkan Malaysia juga dihadirkan secara hangat, ramah dan bersahabat.

Pameran ini menyediakan informasi layanan perawatan kesehatan kelas dunia seperti wellness (kebugaran), pemeriksaan kesehatan, kardiologionkologi,perawatan kesuburan (fertility treatmenet) dan ortopedi. Tidak hanya jakarta, Malaysia Healthcare juga akan hadir di kota lain, seperti Surabaya, Pekanbaru dan Makassar.

Kalau datang ke pameran Malaysia Healthcare Expo 2020, informasi seperti paket perawatan yang menarik dan terjangkau dari 16 fasilitas kesehatan swasta di Malaysia juga akan kalian dapatkan. Contohnya, untuk  harga medical check up di Selangor menyediakan harga mulai dari 500 RM atau senilai dengan 1.9 juta, pelayanannya lebih profesional dan hangat tentunya.

Kenapa Harus Memilih Malaysia Untuk Perjalanan Kesehatan Kalian?




Selain banyak tempat wisata Malaysia yang bisa kunjungi seperti Menara Kembar Pratomas, Kuil Kek Lok Si, Langkawi Cable Car, Batu Cavas, Penang Hill, Genting Highland dan Menara Kuala Lumpur yang punya puncak tertinggi ke-6 di dunia, Duta Besar MalaysiaDatuk Zainal Abidin Bakar menyampaikan secara lengkap alasan mengapa banyak masyarakat Indonesia memilih Malaysia sebagai perjalanan kesehatannya.


  1. Value for money, nilai tukar RM lebih murah dibandingkan negeri Jiran lainnya
  2. Harga perawatan lebih murah dan terjangkau
  3. Pelayanan berkualitas
  4. Jarak yang dekat dan kemudahan berkomunikasi
  5. Untuk yang beragama islam tidak perlu khawatir karena banyak tenaga medis di Malaysia yang beragama islam juga, jadi tidak perlu khawatir mengenai syariat islam misalnya.

Selain itu, Malaysia juga menyediakan kursi roda, ruang tunggu khusus untuk menunggu kendaraan menuju rumah sakit, bagi pasien yang datang berobat ke Malaysia. Menurut Azrul Shah, Malaysia memberikan pelayanan yang terbaik, tentunya lebih nyaman untuk melakukan perjalanan end-to-end bebas hambatan.


Nik Yazmin Nik Azman, Chief Commercial Officer Malaysia Healthcare Travel Council, menambahkan informasi layanan kesehatan dari Malaysia, seperti menyediakan Malaysia Healthcare Lounge yang berada di Kuala Lumpur International Airport (KLIA) dan Penang International Airport untuk layanan penjemputan di aerobridge, jalur cepat untuk melewati imigrasi dan bea cukai serta bantuan pengambilan bagasi. Malaysia juga menyediakan layanan penerjemahan sesuai permintaan bagi pasien yang membutuhkan.

Salah satu Travel Blogger, Marischa punya pengalaman menemani kakak kandungnya untuk operasi kelainan tulang belakang di Penang, selain pelayanan rumah sakit yang sangat profesional, tenaga media yang ramah, Malaysia selalui bikin kangen untuk datang lagi karena tempat dan pemandangannya yang indah.

Traveloka VIP Pass Untuk Malaysia Healthcare




Berkunjung ke Malaysia saat ini tidak hanya berkeliling menikmati pemandangan alam khas Malaysia yang menakjubkan atapun berbagai atraksi wisatanya, namun dengan sistem perawatan kesehatan Malaysia yang diatur ketat oleh Kementerian Kesehatan Malaysia melalui Private Healthcare and Facilities Service Act tahun 1998,  wisatawan juga bisa melakukan aktivitas perawatan kesehatan.

Semakin lebih terjangkau dan mudah, penawaran layanan kesehatan Malaysia Healthcare sudah bisa didapat dari Travel VIP Pass for Malaysia Healthcare. Melalui kerjasamMalaysia Travel Council ini, wisatawan akan lebih mudah mencari pilihan akomodasi murah dan terjangkau yang dekat dengan fasilitas kesehatan.

Kalau kalian tertarik untuk mendapatkan layanan kesehatan yang lebih profesional,  berkualitas kelas dunia, terjangkau secara kompeititf, lebih hangat, ramah dan bersahabat, Malaysia bisa jadi pilihan terbaik. Nah, untuk mendapatkan informasi lebih lengkap penawaran terbaik layanan kesehatan Malaysia, langsung saja ya datang ke Malaysia Healthcare Expo 2020 di Kelapa Gading 3, atau kunjung website medicaltourismmalaysia.com

Layanan LoveCare Untuk Cari Jasa Perawat Home Care Melalui Online

Monday, February 3, 2020
Hai dear,



Ada yang pernah mencari layanan home care?, atau belum mengenalnya? Home care merupakan layanan perawatan kesehatan baik medis maupun non-medis yang disesuaikan dengan kebutuhan pasien. Biasanya layanan home care dibutuhkan untuk membantu merawat lansia ataupun pasien penderita penyakit kritis.

Punya pengalaman merawat orang tua yang mengalami penyakit kanker, saya merasakan betul kesulitan merawat Ibu saya, karena memang tidak memiliki basic ilmu keperawatan untuk melakukan tindakan keperawatan misalnya pasang infus atau kateter. Belum lagi ketika itu, saya juga sibuk memenuhi jadwal terbang saya sebagai flight Attendant.

Ketika kondisi Ibu sudah lemah, kebutuhan aktivitas keseharian dibutuhkan bantuan. Seperti untuk makan, mandi, minum obat, mengajak keluar rumah, membersihkan kotorannya, sampai teman ngobrol. Semua itu tidak bisa saya penuhi karena kesibukan bekerja.

Akhirnya meminta bantuan dari keluarga, tapi kurang nyaman karena kembali lagi tidak semua bisa melakukan tindakan perawat dengan baik. Kalau kembali ke rumah sakit, biayanya semakin membengkak, dan ibu saya lebih nyaman dirawat di rumah. Dulu, belum ada jasa perawat homecare yang mudah ditemukan, dan masih sedikit yang menyediakan layanan home care.

Meningkatnya pasien penyakit kritis, juga semakin padatnya aktivitas di jaman sekarang, kebutuhan layanan homecare semakin meningkat, tapi keluarga pasien masih kesulitan mendapatkan tenaga profesional yang berkualitas, sepenuh hati dan dengan cara efisien.
  
Itulah alasan PT. Hati Anak Bangsa yang bermula memiliki pengalaman sebagai ketua Yayasan Kanker Indonesia DKI Jakarta, menciptakan LoveCare, sebuah startup layanan homecare yang menghubungkan perawat dan terapis dengan pasien maupun keluarga pasien melalui online.

Andaikan saja layanan LoveCare sudah ada sejak lama, saya gak bakal kerepotan dan bingung untuk merawat ibu saat itu, secara layanan ini punya tenaga medis yang profesional dan berpengalaman, pasti akan melayani pasien dengan sepenuh hati.


Jasa Perawat Home Care Via Website atau Aplikasi



Era digital saat ini merubah gaya hidup, termasuk dalam memenuhi aktivitas keseharian. Mulai dari transportasi, makanan, layanan cleaning service, dan dalam bidang kesehatan juga. Melihat fenomena sulitnya mencari jasa perawat homecare profesional, LoveCare menghadirkan sebuah layanan jasa perawat di rumah yang dapat dipesan begitu mudah melalui website maupun aplikasi.
Veronica Tan selaku Presiden Commisioner LoveCare, menyampaikan LoveCare merupakan hasil kolaborasi antara hati, kesehatan, serta keinginan untuk membuat inovasi di sektor kesehatan melalui teknologi. Mulai dari pemesanan perawat, sampai rekam medis pribadi pasien, seluruhnya terintegrasi dan direkam secara online.

Tidak hanya itu, LoveCare memberikan layanan kesehatan yang transparan juga, proses pemesanan, pembayaran, penjadwalan hingga pelaporan seluruhnya dilakukan secara online, dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Dokter juga dapat melakukan monitor perkembangan kondisi vital tubuh pasien, seperti tekanan darah, suhu tubuh, detak jantung, dan sebagainya melalui aplikasi LoveCare.

Platform Online layanan kesehatan ini dibentuk pada tahun 2019 oleh Veronca TanDR. Dr. Carmen S.Y.JahjaAnnette AnharSusan NioDr.Venita Eng dan Renold Sutadi. Seluruh layanan LoveCare dapat diakses melalui website lovecare.id dan aplikasi LoveCare yang sudah tersedia di Playstore maupun Appstore.

Layanan Homecare dari LoveCare




Kenapa pasien butuh layanan home care? Pasien penyakit kritis mengalami banyak rintangan dan kesulitan, banyak juga yang mempengaruhi semangat dan psikologis bagi pasien maupun keluarga. Siapa yang senang berada di rumah sakit?, memilih melanjutkan perawatan di rumah merupakan salah satu cara untuk membantu meningkatkan, mempertahankan dan memaksimalkan kemandirian pasien juga menimalkan penyakit itu sendiri.
Ketika pasien memilih dilanjutkan perawatan di rumah, yang merawat sebaiknya anggota keluarga ataupun kerabat, namun lebih baik disarankan ada perawat tambahan di rumah, terutama bagi pasien yang menggunakan alat bantu atau yang memiliki keterbatasan gerak.

Untuk itu dibutuhkan tenaga medis profesional yang bisa mendampingi pasien di rumah. Salah satu kelebihan dari layanan LoveCare memiliki perawat medis ter-registrasi yang sudah menjalani pelatihan khusus dan melewati seleksi ketat baik secara psikologis maupun medis.  Selain itu, layanan LoveCare juga berada dibawah koordinasi dengan dokter, sehingga setiap perkembangan pasien akan terpantai dengan baik.

3 layanan LoveCare yang patut dicoba :


1. Kegiatan sehari-hari, menyediakan Perawat Profesional akan menemani dan membantu kegiatan sehari-hari atau Activities of Daily Living (ADLs) seperti mandi, makan, minum, mengingatkan untuk minum obat, tetap aktif, companionship dan medical appointments.
2. Tindakan perawatan, Dapatkan tindakan keperawatan seperti misalnya rawat luka atau stoma, pasang infus, pasang kateter, dan pasang NGT di rumah.
3. Home Terapi, layanan rehabilitasi untuk mendukung penyembuhan oleh terapis profesional di rumah, seperti membutuhkan fisioterapi di rumah.

Mudah kanmencari tenaga profesional layanan homecare? Informasi selengkapnya bisa kalian dapatkan melalui website, sosial media maupun aplikasi dari LoveCare berikut ini.



Bersama Harpic Pastikan Kebersihan Toilet Untuk Menjaga Keluarga Tetap Sehat

Sunday, February 2, 2020
Hai dear,

Kondisi sanitasi di rumah sangat berhubungan erat dengan kesehatan keluarga. Sumber penyakit bisa saja berada di sanitasi rumah yang kurang baik, karena memang aktivitas seperti buang air besar maupun kecil akan meninggalkan jejak bakteri dan virus. Contoh penyakit diare, tifus dan cacingan bisa disebabkan oleh bakteri dari feses manusia.



Sayangnya, kondisi kesejahteraan masyarakat Indonesia belum merata. Banyak ditemukan di berbagai daerah belum memiliki fasilitas sanitasi yang memadai, bahkan banyak yang mengalami kejadian kekurangan air. Padahal air sebagai kebutuhan pokok untuk mendukung kebersihan lingkungan.

Sadar pentingnya sanitasi yang bersih, apalagi saya punya anak yang masih kecil dan rentan terhadap penyakit, saya selalu prioritaskan kebersihan kamar mandi dan menerapkan rajin membersihkan tangan. Bersyukur, saya memiliki rumah dengan kondisi berkecukupan, air selalu lancar, dan seluruh keluarga memiliki kebiasaan Buang Air Besar yang benar.

Dear, kalian tahu tidak kalau ternyata masih ada 8,6 juta rumah tangga yang anggota keluarganya memiliki kebiasaan perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS), data ini diperoleh dari Kementerian Kesehatan per-Januari 2020. Miris ya?, padahal perilaku BABS itu sangat merugikan kesehatan.

Dampak dari Perilaku Buang Air Besar Sembarangan




Kalau bisa melihat dengan mata yang lebih lebar dan luas, kesejahteraan di Indonesia memang belum merata, baik itu di kawasan kota ataupun pedesaan. Dari data WHO atau UNICEF pada tahun 2012 saja menunjukkan kalau Indonesia berada diposisi dua terbesar di dunia dengan penduduk berperilaku BABS.

Indonesia juga merupakan negara terpadat ke-empat di dunia, dengan kondisi hampir 28 juta orang kekurangan air bersih dan 71 juta orang tidak punya akses fasilitas sanitasi yang lebih baik. Kalau dari data KSP Mitra Dhuafa (KOMIDA), dari 735.957 anggota yang tersebar di 287 di Kabupaten dan daerah di Indonesia, hanya 551.435 anggota yang punya toilet dan septictank, sedangkan 105.821 anggota memiliki toilet namun tidak tersambung dengan septictank, dan sisanya 78.701 anggota belum memiliki toilet.

Padahal kebiasaan Buang Air Besar Sembarangan ataupun toilet yang tidak terhubung septictank, baik secara langsung maupun tidak langsung berpotensi mencemari sumber air. Feses yang dibiarkan di tempat terbuka, akan memberikan dampak :

• Makanan atau air yang dikonsumsi akan tercemar oleh bakteri dari feses
• Lingkungan yang tercemar menjadi sumber penyakit seperti diare, tifus dan cacingan akibat bakteri Esherichia Coli yang bersumber dari feses.
• Balita mudah terserang pneumonia akibat udara yang tercemar
• Risiko pertumbuhan fisik anak-anak akan terhambat

Penyakit diare bisa menyebabkan kematian akibat dehidrasi, sudah ada sekitar 150.000 anak Indonesia meninggal setiap tahunnya karena penyakit diare yang disebabkan oleh sanitasi buruk. Maka itu, dibutuhkan pencegahan melalui meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya sanitasi. 

Sebagai produk pembersih toilet yang telah dipercaya dan memiliki pengalaman 100 tahun, Harpic bersama Water.orgSATO, dan Koperasi Simpan Pinjam Mitra Dhuafa(KOMIDA) untuk bergerak melakukan kampanye edukasi pentingnya hidup bersih dengan memiliki toilet dan sanitasi yang layak.

Harpic Aksi Toilet Besih, Ajak Pembeli Donasi Produk Pembersih Toilet


Siapa yang tidak kenal Harpic? Pasti ibu rumah tangga punya simpanan produk pembersih toilet yang sudah punya kelas di Dunia. Pada acara konferensi pers kampanye Harpic Aksi Toilet Bersih di Jakarta, 31 Januari 2020 lalu, Karim Kamel selaku General Manager Reckit Benckiser Hygiene Home Indonesia, menyampaikan keinginan harpic untuk meningkatkan kesadaran publik dan pentingnya perubahan perilaku bersih dengan toilet dan sanitasi yang layak.

Kampanye yang sudah berlangsung dari tangal 27 November sampai 30 Desember 2019 ini mengajak pembeli menyumbangkan satu produk pembersih toilet melalui belanja di e-commerce Shopee dan Lazada. Dari hasil kampanye yang berlangsung di seluruh Indonesia, Harpic sudah berhasil mengumpulkan 3.545 produk yang didonasikan kepada KOMIDA.



Aktor Indonesia yang dikenal sebagai presenter olahraga juga digandeng oleh Harpic mengikuti kampanye Aksi Toilet Bersih, Darius Sinathrya seperti orang tua lainnya yang sangat concern terhadap kebersihan toilet.

Akses toilet dan sanitasi bersih dan higienis sangat penting diberikan edukasi untuk masyarakat, karena apa yang akan terjadi di masa depan generasi penerus bergantung juga pada kondisi toilet dan sanitasinya.

Bagi Darius dan istrinya Donna Agnesiamembentuk kesadaran anak-anak mengenai peduli akan kebersihan toilet merupakan hal yang paling pertama yang harus diajarkan, contohnya dimulai dari mengangkat alas duduk pada closet sebelum buang air kecil. Setelah kesadaran, dilanjutkan dengan mengajarkan kebersihan toilet. Bisa juga diterapkan oleh kita ya moms?

Kampanye aksi bersih dimulai dengan fokus menentaskan permasalahan sanitasi yang buruk di Pulau Jawa, karena memang menurut data dari situs Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), 4,5 juta rumah tangga di Pulau Jawa masih berperilaku BABS. Nah, kalian mau ikut andil membangun sanitasi yang layak untuk Indonesia?

Ikuti Kampanye Aksi Toilet Bersih



Untuk mengikuti kampanye Aksi Toilet Bersih caranya sangat mudah, mommies bisa membeli 2 produk harpic melalui e-commerce Lazada dan Shoppe, secara otomatis sudah ikut menyumbangkan satu botol harpic untuk yang membutuhkan. Nah, apa saja sih produk Harpic untuk pembersih toilet?
Harpic punya 3 varian yaitu Harpic Stain BlasterHarpic Fresh dan Harpic Pembersih Kamar Mandi yang mampu bersihkan toilet secara maksimal dan menghilangkan noda membandel. Salah satu produk unggulan Harpic adalah varianPower Plus, produk pembersih toilet untuk membersihkan semua masalah yang sering kita alami.

Tidak seperti pembersih biasaHarpic Power Plus mampu menghilangkan noda membandelmembunuh kuman (bakteri S. aureus, E. coli, P. aeruginosa), serta memberikankeharuman untuk toilet dan kamar mandi. Selain itu, Harpic Power Plus bisa menghilangkan noda kuning 10x lebih baik karena formulanya kental.

Pembersih toilet yang dapat membersihkan secara maksimal, higienis, bebas dari bakteri, dan harum, ya gunakan Harpic. Moms, yuk mulai jaga kesehatan keluarga kita dengan dimulai dari menjaga kebersihan toilet, dukung juga aksi bersih toilet dari Harpic melalui belanja produknya.