AMALLIA SARAH

Image Slider

Respimer Baby Nasal Spray, Cara Untuk Atasi Hidung Tersumbat Ketika Anak FLU

Sunday, December 8, 2019
Hai Dear,


Sering tidak mengalami anak rewel pas lagi demam karena mengalami FLU dan hidung tersumbat?. Rayyan, anak saya baru aja kemarin mengalami demam, selain maunya selalu dekat sama mommy-nya, Rayyan juga super rewel karena merasa tidak nyaman.

Ketika anak rewel selalu membuat ibu khawatir, iya dear saya panik kalau melihat Rayyan rewel, apalagi pas FLU demam seperti beberapa waktu lalu. Rayyan menjadi rewel karena kesulitan bernafas, dan tidak seperti orang dewasa seperti kita yang bisa mengeluarkan ingus atau cairan lendir di dalam hidungnya, akibatnya lendir itu tertahan dan menyumbat saluran pernafasan.

Sebagai orang dewasa aja, ketika FLU lagi datang pasti terasa pusing, belum lagi suka meler, duh pokoknya super gak nyaman, gimana dengan anak yang sedang terkena FLU?. Biasanya sih kalau anak kena FLU, gak langsung saya bawa ke dokter, selama demamnya tidak lebih dari seminggu dan masih bisa saya  awasi  di rumah tidak ada tanda-tanda lain selain FLU dan batuk, pertolongan pertama yang saya lakukan terapi menggunakan diffuser ditambah essential oil.

Essential oil yang fungsinya membersihkan udara di sekitar rumah, dan bikin relax Rayyan sedikit membantu mengurangi rewelnya, tapi hidungnya tetap tersumbat, karena kan namanya lendir atau ingus harusnya segera dikeluarkan.

Untuk membuat nafas Rayyan lebih lega, sering juga dibantu dengan menjemur Rayyan di pagi hari, tapi lagi-lagi keadaannya berbeda karena anak saya lagi aktif-aktifnya dan sudah sulit diajak kerja sama. Jalan satu-satunya, mencari cara lain untuk atasi hidung tersumbat pada anak.

Kenali Penyebab Hidung Tersumbat Pada Bayi dan Anak



Menjelah musim hujan, pergantian musim dari panas kering ke musim hujan sangat rentan terserang virus maupun bakteri yang bisa menyebabkan penyakit, seperti flu dan batuk. Apalagi usia bayi dan anak, sistem imun atau kekebalan tubuhnya belum stabil, gak heran kemarin Rayyan demam disertai flu di musim peralihan ini.

Beruntungnya, Minggu 1 Desember 2019 lalu saya sempat datang ke ajang pameran Indonesia Maternitu, Baby and Kids Expo atau IMBEX 2019. Berkunjung ke IMBEX di hari terakhir cukup ramai, banyak sekali ibu-ibu bawa anak mulai dari usia baby, duh harus hati-hati dear bawa bayi keluar di usia masih rentan gitu.

Lagi mengitari IMBEX, ternyata ada talkshow yang pas banget mengenai cara mengatasi flu pada anak, dipersembahkan oleh Respimer. Rayyan sering bolak-balik nih kena flu, seperti yang saya ceritakan sebelumnya, pas lagi flu hidungnya tersumbat berujung kerewelan yang bikin saya resah.

Talkshow yang menjelaskan seputar Flu pada Bayi dan Anak dibahas oleh dr.Intan Diana Sari, pertama menjelaskan penyebab hidung tersumbat. Ketika anak mengalami batuk dan flu, biasanya memang terjadi penumpukan cairan di hidung si kecil, akhirnya menyebabkan pembuluh darah dan sel-sel yang ada di permukaan dalam hidung mengalami bengkak.


Hidung tersumbat pada bayi dan anak saat batuk dan pilek juga bisa disebabkan karena :

  • Alergi
  • Infeksi virus (FLU)
  • Infeksi bakteri

Ketika Rayyan demam disertai FLU, memang tindakan saya gak langsung bawa dia ke dokter. Terus, kapan kita harus membawa anak ke dokter ketika sedang batuk dan flu?

  • Saat anak mengalami pilek disertai demam lebih dari 39 derajat celcius
  • Saat mata anak mulai berair dan memerah
  • Saat anak rewel dan kualitas tidur terganggu karena sakitnya, apalagi ketika anak sampai sulit atau jadi tidak suka menyusui
  • Saat anak mengalami flu tidak kunjung membaik dalam waktu 5 hari

Nah, kalau anak sedang FLU dan batuk sebenarnya bisa diobati dengan cara terapi di rumah, biasanya sih ini yang saya lakukan bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat pada anak dan bayi,

  • Atur suhu ruangan di sekitar bayi dan anak agar tidak terlalu dingin, suhu bayi harus dijaga
  • Bersihkan cairan atau lendir yang mengeras pada hidung bagian luar bisa dengan menggunakan kapas yang telah dibasahkan dengan air hangat
  • Hangatkan dada dan punggung anak dengan cream atau minyak penghangat untuk membantu meringankan pernapasannya yang tersumbat
  • JIka masih bayi, sebaiknya bayi tetap dijemur pada panas matahari sekitar pukul 07.30-08.30 walau waktunya singkat
  • Jika hidung bayi atau anak mampet, bisa dilakukan penyemprotan hidung dengan larutan nasal spray ke lubang hidung bayi, dan bisa pula setelah ingus encer digunakan alat penyedot ingus bayi untuk membersihkan hidung

Ternyata, untuk membantu meredakan flu dan hidung tersumbat pada anak bisa dibantu dengan merawat kebersihan hidung anak. Tidak perlu dengan obat oral, tapi bisa melakukan perawatan hidung yang tersumbat dengan menggunakan Respimer Baby Nasal Hygine. Akhirnya, saya punya solusi untuk Rayyan kalau hidungnya sedang tersumbat.

Respimer Baby Nasal Hygine Bebaskan Anak dari Hidung Tersumbat



Ingat rangkaian wudhu gak dear? salah satunya membersihkan hidung. Nah, salah satu manfaat rajin merawat kebersihan hidung itu bisa membersihkan dari debu, polusi dan kotoran yang mungkin aja membawa virus atau bakteri. Selain itu, kalau kita wudhu air yang masuk ke hidung dan beberapa cara seperti menghirup air ini bermanfaat juga mengencerkan lendir yang kental.

Ternyata juga, mencuci hidung itu juga merupakan tradisi pengobatan di India sejak ribuan tahun lalu. Mencuci hidung juga bantu bersihkan penyebab radang dan menjaga kelembaban rongga hidung. 

Gak mungkin kan suruh Rayyan menghirup air, kalau tersedak bisa berbahaya. Solusi paling aman untuk atasi hidung tersumbat, ya dengan menggunakan Respimer Baby Nasal Hygine yang merupakan cairan semprot hidung untuk membantu mengeluarkan ingus atau lendir pada bayi dan anak ketika terkena flu.

Respimer ini mengandung 100% air laut terbaik di dunia dari ST. Malo Bay yang terletak di kota ST Malo di provinsi Britany, Perancis. FYI, air laut di seluruh dunia kadar NaCl hanya 3 - 3.5%, idealnya menggunakan kadar yang sesuai dibutuhkan oleh cairan tubuh yaitu 0.9%.

Untuk mendapatkan nilai kadar NaCl yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, biasanya harus diturunkan dengan dicampur air biasa, sayangnya pada proses pengeceran bisa menurunkan kadar mineral yang terkandung pada air laut.

Berbeda dengan air laut dalam Respimer di proses melalui Electrodialysis yang dipatenkan, selain dapat menurunkan NaCl tanpa mengurangi mineral di dalamnya. Jadi, cairan Respimer ini mengandung 100% air laut dengan kandungan mineral yang dipertahankan.

Product Knowledge Respimer Baby Nasal Spray


Produk semprot hidung bayi ini terdiri dari 2 varian yaitu Respimer Baby Nasal Hygiende 115ml dan Respime Baby Decongestant 60 ml. Keduanya punya fungsi, manfaat dan cara pakai yang berbeda. Untuk keluhan Rayyan ketika demam kemarin flunya masih tergolong ringan, saya menggunakan Respimer Baby Nasal Hygiene.

Respimer Baby Nasal Hygiene



Memiliki bentuk spray yang sangat lembut, terdiri dari air laut, 80 mineral + trace element, 0,9% Nacl yang kadarnya mirip dengan kebutuhan cairan tubuh manusa. Ukuran yang tersedia 115 mL dengan harga sekitar Rp  290.000 - Rp 310.000.

Varian ini sangat cocok digunakan bayi sejak usia 0 bulan dan cocok untuk digunakan sehari-hari untuk membersihkan hidung dari cairan ketika awal flu, dan untuk mencegah terjadinya infeksi. Aturan pemakaian Respimer Baby Nasal Hygiene cukup 2 - 4 dalam satu hari.

Respimer Baby Decongestant 



Memiliki konsentrasi garam yang lebih tinggi dari cairan tubuh manusia, karena fungsinya sebagai Hipertonik. Air laut pada varian ini memiliki konsentrasi 2,2% NaCl, kandungan 80 mineral dan trace element, sangat membantu untuk proses penyembuhan pada flu berat.

Respimer Baby Decongestant memiliki manfaat untuk membersihkan dan melegakan hidung tersumbat akibat alergi udara dingin, atau flu berat. Varian ini dapat digunakan bayi sejak usia 1 bulan lebih, dengan aturan pakai cukup 2 - 3 kali dalam sehari.


Cara Menggunakan Respimer Baby


  1. Terlebih dulu cuci tangan kita menggunakan sabun dengan air mengalir. Siapkan Respimer Baby Spray dan juga tisu (untuk bersihkan cairan hidung).
  2. Letakan bayi dalam posisi tidur dan pastikan posisinya tidak berubah, kalau perlu letakan handuk atau selimut di kaki bayi.
  3. Miringkan kepala bayi dan mulai masukkan ujung Tip Respimer ke dalam lubang hidung pelan-pelan, dan semprotkan selama 2 - 3 detik.
  4. Kemudian miringkan kepala bayi ke sisi sebaliknya, dan lakukan langkah seperti sebelumnya.
  5. Bersihkan cairan atau kotoran yang keluar dari hidung bayi, lap dengan tisu pelan-pelan.
  6. Jangan lupa untuk membersihkan Tip Respimer Spray dengan air mengalir, kemudian simpan kembali setelah dikeringkan.

Review Menggunakan Respimer Baby Nasal Spray


Setelah mencoba menggunakan Respimer Baby Nasal Hygiene pada Rayyan ketika mengalami demam disertai flu ringan beberapa waktu lalu, Respimer ini sangat membantu meredakan dan melegakan hidung Rayyan, tanpa menimbulkan rasa perih.

Berikut ini review dari saya, ketika menggunakan Respimer Baby Nasal Hygiene ;

  • Spray yang keluar sangat lembut, sehingga tidak menimbulkan rasa perih di hidung
  • Ujung noozle ada tip yang aman untuk bayi dan anak, dan memberikan semprotan micro-difusi 
  • Semprotannya tidak menggunakan Gas Propilen yang sangat berbahaya karena mudah terbakar
  • Mengandung 80 mineral yang baik untuk kesehatan hidung
  • Lebih cepat atasi hidung tersumbat.

Alhamdulillah, tidak lama dibantu dengan Respimer, Rayyan berangsur pulih. Respimer akan selalu tersedia di rumah, karena sebagai langkah saya mencegah Rayyan kembali terkena flu. Gak perlu khawatir dengan kualitasnya, karena Respimer ini sudah menjadi rekomendasi oleh Dokter spesialis Anak dan THT.

Dear, kalau kalian sering mengalami anaknya kena flu berulang kali dan hidung si kecil tersumbat, jangan panik lagi ya, tinggal sediakan Respimer Baby Nasal Spray.

Madurasa fitkidz, Solusi Untuk Menjaga Daya Tahan tubuh Anak di Musim Hujan

Saturday, December 7, 2019
Hai moms,



Di negara kita, sebagian besar orangtua masih mempercayai bahwa memberikan madu pada anak dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak juga sebagai pengobatan tradisional yang sederhana, Terlebih mengkonsumsi madu juga disunahkan oleh Rasullullah, karena banyak memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Apakah moms juga memberikan madu pada si kecil?. Kira-kira adakah madu untuk anak yang aman?.

Alasan Memberikan Madu Pada Anak



Saya adalah salah satu orangtua yang sampai saat ini masih menerapkan ilmu mengurus dan merawat anak yang sudah turun-temurun diterapkan oleh orangtua. Selain karena percaya dan patuh, sebagian besar ilmunya pun masuk dengan pola fikir dan keyakinan saya serta suami. Kalau ada yang melenceng atau kami nya tidak yakin dan percaya, ya tentunya tidak kami pakai ilmunya. Simple kan?. Urusan anak bagi saya bukan hanya urusan saya pribadi, tapi juga urusan dan tanggung jawab suami.

Jadi, soal cara merawat dan mengurus anak terlebih soal makanan dan minuman yang si kecil konsumsi itu tanggung jawab kami berdua. Termasuk soal memilih Madu yang aman untuk anak, gak berani deh coba-coba. Selain memperhatikan ingredients, kehalalan dan keamanan dari produk madu tersebut, saya juga memperhatikan testimonial dari para ibu-ibu lho. Kenapa?. Karena testimonial itu PENTING! Tapi testimonial yang jujur dan positif ya.

Manfaat Madu Untuk Anak



Bicara soal Madu, moms sudah tahu belum apa saja manfaat Madu untuk anak?. Berikut saya share apa saja manfaatnya :

  • Mengoptimalkan tumbuh kembang anak
  • Sumber energi
  • Meningkatkan imunitas
  • Sumber vitamin
  • Menyehatkan sistem pencernaan
  • Dapat meredakan batuk dan pilek pada anak
  • Melawan alergi, dan sebagainya.

Madurasa fitkidz, Solusi Untuk Menjaga Daya Tahan Anak di Musim Hujan



Banyaknya brand yang mengeluarkan produk madu untuk anak, sempat membuat saya bingung dalam memilih madu untuk Rayyan. Beli yang lagi booming di kalangan ibu-ibu saja, atau melihat juga brand apa yang mengeluarkan?. Semakin lama dan terpercaya akan kualitas produk yang dikeluarkan oleh suatu brand, semakin saya percaya dan yakin sama produknya.

Saat kemarin jalan-jalan dan belanja di Imbex - JCC Jakarta, kebetulan saya mampir ke booth nya Madurasa dan ikut parenting talkshow nya dengan tema "Sedia Multivitamin Sebelum Hujan" bersama dr. Ajeng Indriastuti, Sp.A (RS OMNI) dan Mom Influencer, Yunita Triyana. Tahu banget kan pasti Madurasa. Nah sekarang, ada produk terbaru dari Madurasa yaitu Madurasa Fitkidz yang aman dikonsumsi oleh anak usia 1 tahun ke atas. Jadi gak hanya Madurasa Murni dan Madurasa Premium saja. Sudah pernah coba belum moms?

Madurasa Fitkidz adalah suplemen persembahan Madurasa yang dapat membantu menjaga dan memelihara kesehatan tubuh si kecil agar tetap sehat setiap harinya. Madurasa Fitkidz terbuat dari bahan-bahan alami seperti Temulawak, Kurma, Lysine dan Vitamin C.


Menurut dr. Ajeng, "Siapa sih orangtua yang mau anaknya sakit? Terlebih di musim pancaroba seperti sekarang. Rasanya gak ada yang mau ya. Oleh karena itu, sebagai orangtua kita juga perlu memperhatikan asupan gizi seimbang si kecil, waktu tidurnya cukup, serta aktivitasnya juga harus cukup. Itu agar si kecil tidak mudah terkena penyakit dan gampang jatuh sakit. Selain itu, pemberian multivitamin anak juga diperlukan, guna meningkatkan daya tahan tubuh anak. Tapi jangan lupa juga untuk memilih multivitamin yang sesuai kebutuhan dan berbahan dasar alami."

Penyampaian dr. Ajeng selaras banget dengan keyakinan saya, bahwa asupan makanan yang bergizi saja itu belum cukup. Perlu kita tambahkan multivitamin agar si kecil bukan hanya tumbuh sehat dan seimbang, tapi juga memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Untuk aturan minum madu pada anak pun juga gak asal kasih setiap anak mau ya, moms. Tapi diberikan sesuai anjuran yang terdapat pada kemasan atau sesuai anjuran dokter. Kalau untuk Madurasa Fitkidz sendiri aturan minumnya adalah:


  1. Anak-anak usia 1 - 6 tahun : 1 x 1 sendok makan (15ml)
  2. Anak-anak usia 6 - 12 tahun : 2 x 1 sendok makan (15ml)




Oh Iya moms, kemarin di Imbex saya membeli beberapa varian dari Madurasa, ada Madurasa Murni, Madurasa Premium, Madurasa Stick dan Madurasa Fitkidz. Kebetulan kemarin banyak penawaran promo menarik, dan harganya Jauh lebih murah donk tentunya. Untuk moms yang mau juga coba memberikan Madurasa Fitkidz untuk si kecil di rumah, bisa membeli di Alfamart ya, sudah ada. Si kecil pasti akan suka banget rasanya!

Happy Parenting!


Donasi BCA Untuk Kesehatan Mata dan Kebutuhan Darah di Indonesia

Friday, December 6, 2019



"Sekitar 3,5 Juta orang di Indonesia mengalami kebutaan pada kedua belah mata, dimana 50% atau sekitar 1,5 juta orang mengalami kebutaan akibat katarak (Data Organisasi Kesehatan Dunia, WHO). Per-30 Agustus 2018, Katarak juga disebutkan sebagai penyumbang terbesar kebutaan di Indonesia, hampir mencapai 60%''.

Mata merupakan panca indera yang sangat penting bagi Manusia, sayangnya semakin tua fungsi mata akan semakin menurun, tidak heran penyakit Katarak sangat lekat sebagai pernyakit yang sering dialami oleh kalangan lanjut usia.

Tapi, pada kesempatan 3 Desember 2019 lalu bersama BCA, salah satu institusi perbankan di Indonesia,  dalam acara CSR bakti BCA, memberikan informasi bahwa ternyata penyakit Katarak juga banyak dialami oleh anak muda. Seperti yang ditayangkan dalam video di layar, bukan hanya karena usia, Katarak juga bisa diakibatkan oleh cuaca, paparan sinar matahari, pengaruh sinar UV, trauma mata, infeksi, penggunaan obat tertentu dan mengalami penyakit serius.

Tidak bisa dibayangkan bagaiaman jika anak muda penderita Katarak yang tidak bisa diselamatkan karena keterbatasan ketersediaan alat operasi katarak yang belum merata. Bagaimana nasib masa depannya, juga nasib Indonesia di tangan anak muda?.



Sebagai salah satu pihak sektor swasta pada institusi perbankan, BCA melakukan inisiatif untuk memberikan perhatian lebih guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Selaku Presiden Direktur BCAJahja Setiaatmadja mengajak semua pihak, terutama pihak swasta untuk ikut berdonasi membantu penderita katarak di seluruh pelosok Indonesia. 

Melindungi kesehatan mata dari Katarak memang bisa dicegah melalui penggunaan kaca mata hitam dengan UV filter, namun bagi masyarakat yang berprofesi sebagai petani dan nelayan yang memiliki risiko besar pada penyakit Katarak, tidak cukup membantu. Apalagi, banyak penderita Katarak yang sudah terlanjur dan harus melakukan pengobatan dengan jalan satu-satunya melalui operasi.

Melihat latar belakang tersebut, melalui CSR Bakti BCA yang sudah konsisten bersinergi mengembangkan program-program berdasarkan tiga pilarnya, kali ini BCA turut mendukung kesehatan masyarakat Indonesia dengan menyalurkan donasi alat operasi katarak dan sarana pengambilan darah senilai total 1,3 Milyar kepada SPBK Perdami Pengurus Pusat, Perdami Cabang DKI Jakarta, dan Perdami Cabang Riau, serta penyerahan donasi sarana pengambilan darah kepada UTD PMI DKI Jakarta.



CSR Bakti BCA


Salah satu kewajiban perusahaan adalah memiliki CSR yang berkelanjutan. BCA secara konsisten bersinergi dan berpijak pada konsep CSR berkelanjutan dan shared value untuk pengembangan masyarakat.

Program-program CSR Bakti BCA memiliki 3 pilar yaitu :

  1. Solusi Cerdas BCA di bidang pendidikan
  2. Solusi Sinergi BCA di bidang budaya, kesehatan, lingkungan, olahraga dan empati
  3. Solusi Bisnis Unggul di bidang pembinaan UMKM, komunitas dan desa wisata.
Selain permasalahan penderita Katarak yang cukup tinggi di Indonesia, BCA juga menyoroti kebutuhan ketersediaan darah di Indonesia. Berdasarkan data World Health Organization (WHO) pada Juli 2017, jumlah kebutuhan minimal darah di Indonesia sekitar 5,1 juta kantong darah per-tahun atau 2% jumlah penduduk Indonesia.



Berlokasi di Breakout Menara BCA, Jakarta, aku sangat terharu melihat dan menyaksikan langsung  kepeduliaan BCA yang tinggi pada Kesehatan masyarakat di Indonesia. Diwakilkan oleh Presiden Direktur BCAJahja Setiaatmadja bersama Executive Vice President CSR BCA, Inge Setiawati menyerahkan secara simbolis berupa :

  • 1 buah mikroskop dan instrumen katarak kepada Dr. Umar Mardianto, SpM (K) Ketua SPBK Perdami Pengurus Pusat
  • 1 buah mikroskop kepada dr. Elvioza, SpM (K) Ketua Perdami Cabang DKI Jakarta, 
  • Pembelian donasi 1 mesin phacoemulsifikasi kepada kepada Dr Isfiyanto, SpM perwakilan Perdami Cabang Riau
  • Donasi  6 set Blood Scale and Mixer kepada DR. Dr. Niken Ritchie, M. Biomed Wakil Kepala UTD PMI DKI Jakarta



BCA Untuk Kesehatan Masyarakat Indonesia Berkelanjutan


Donasi alat kesehatan oleh BCA merupakan salah satu bentuk wujud nyata untuk menjamin kesejahteraan masyarakat yang lebih baik. Tidak hanya melalui pelaksanaan operasi katarak gratis yang sudah dilakukan BCA hingga tahun 2019 bersama SPBK Perdami Pengurus Pusat telah berhasil mengoperasi 5.328 mata katarak di berbagai daerah di Indonesia. 

Tidak hanya itu, BCA bersama PMI juga berhasil mengumpulkan lebih dari 47.000 kantong darah dari 10 kali penyelenggaraan donor darah. Selain itu, tahun 2019 BCA juga telah menyumbang:

  • Dua unit Inl – 0990 – A INAMI MEGA – 80 OPERATION MICROSCOPE WITH X – Y DEVICE & AUTOMATIC FOOT – SWITCH AND ACCESSORIES (JAPAN) senilai 500 juta kepada SPBK Perdami Pengurus Pusat
  • Satu unit mikroskop mata & carrying box senilai Rp375 juta kepada Perdami Cabang DKI Jakarta
  • Donasi 4 unit blood scale & mixer kepada PMI senilai Rp440 juta

Sebagai nasabah BCA yang aktif melakukan transaksi setiap harinya menggunakan BCA, senang rasanya dear, melihat tanggung jawab BCA sebagai perusahaan swasta yang juga peduli dengan Indonesia terutama pada kesehatan masyarakat yang memang butuh dukungan dari berbagai sektor.  Semakin percaya menjadi pelanggan setia dan tetap BCA, karena memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia. 


Cegah Penuaan Dini dengan Joybeau Anti Aging dan Glowing

Thursday, December 5, 2019

Hai dear,

Perawatan kulit wajah sangat penting dilakukan oleh wanita, agar selalu tampak awet muda. Tapi, banyak yang terlambat melakukan perawatan setelah mengetahui adanya kerusakan, kerutan ataupun bintik hitam pada kulit wajah.

Apalagi semakin tua, produksi kolagen pada kulit wajah akan semakin berkurang. Itulah mengapa, menginjak umur 20 tahun keatas sebenarnya akan nampak perubahan, salah satunya nampak garis halus di wajah yang tidak mudah disadari.


Faktanya memang banyak yang baru mulai lakukan perawatan kulit setelah tanda penuaan sudah terlihat. Sebelum terlambat, kenali dulu yuk dear tanda penuaan yang sering terabaikan :

1. Flek hitam
2. Kusam
3. Kerutan
4. Garis halus
5. Keriput
6. Kulit kendur
7. Flek hitam
8. Pori wajah semakin besar

Permasalahan tanda penuaan itu bisa loh dicegah dengan cara merawat kulit menggunakan produk yang tepat, aman dan nyaman.  Salah satu produk yang mau saya rekomendasikan yaitu Joybeau Anti Aging dan Glowing Series yang baru saja launching pada Rabu, 27 November 2019.

Kulit yang Sehat itu Harus Terawat


Kalau kata ahli Dematologist, Dr. kardiana P. Dewi, Sp. KK, kulit sehat itu adalah kulit yang bersih, cerah dan terawat. Berdasarkan penelitian, ternyata hanya 1 dari 3 wanita yang baru memulai perawatan anti aging setelah tanda penuaan sudah terlihat.

Jujur saja, saya termasuk yang kurang care untuk permasalahan kulit wajah karena sulitnya menemukan produk yang cocok untuk jenis kulit wajah saya yang juga sering berubah, kadang terlalu kering, tapi gak jarang juga berminyak.

Kurang peduli merawat kulit wajah bisa menimbulkan kerutan wajah yang sulit dikembalikan. Ini disampaikan juga oleh Dr.Kardiana, jaringan kulit yang sudah longgar atau muncul kerutan ataupun kendur akan sulit dikembalikan. Duh, gak mau kan dear punya kulit wajah yang cepat terlihat kendur karena malas perawatan? .

Temukan 10 Kandungan Alami untuk Meremajakan Kulit Wajah



Mencegah penuaan dini sejak awal sangat penting dear, apalagi ketika masuk usia 25 tahun. Nah, berikut ini saya kasih tahu kandungan dan manfaat bahan alami apa saja yang sangat cocok untuk merawat kulit wajah dari tanda penuaan.


  1. Orchistem : Mengembalikan kekencangan, elastisitas kulit, menyamarkan garis halus dan kerutan pada bawah mata, mencerahkan kulit
  2. Niacinamide : lebih elastis, anti inflamasi, anti aging
  3. Squalance : melembabkan kulit, menjaga elastisitas kulit, mencegah komedo, melindungi kulit, kerusakan sel, mengurangi kerutan garis halus
  4. Carrot extract : beta carotene dan vitamin A anti inflamasi, antioksidan, melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas
  5. Sodium Hyluronate : Mencegah flek hitam, kerusakan kulit, menjaga kelembaban kulit
  6. Witch hazel extract : mengandung bahan iritasi dan menghidrasi kulit, mengandung tannins tinggi melindungi dari kerusakan kulit
  7. Evening primrose flower extract : menjaga elastisitas, kelembaban, kelembutan kulit
  8. Aloevera leaf extract : kulit lembab, mengatasi inflamasi, mengurangi moda, dan bekas luka dan menyejukkan kulit
  9. Calnomix : natural anti inflamasi, elastis dan anti aging
  10. Grape seed extract : antioksidan dengan provitamin A dan E

Seluruh bahan alami tersebut sudah lengkap terdapat pada rangkaian series kecantikan Joybeau Anti Aging dan Glowing yang mampu mengembalikan kecantikan dan awet muda kulit wajah dalam 14 hari.

Orchidstem Cell, salah satu kandungan bahan aktif utama pada seluruh rangkaian series Joybeau yang punya manfaat regenerasi,  mencegah proses penuaan dini, dan mengembalikan elastisitas kulit, sudah terbukti secara klinis.



Research and Development Joybeau product, Theresia Fatma, S.Farm menyampaikan kalau Orchidstem cell mampu mendorong pertumbuhan sintesa kolagen. Berdasarkan penelitian terbukti setelah mengaplikasikan Orchidstem, kulit kendur dibawah dagu terlihat tertarik lebih kencang di hari ke-28.

Pemakain Orchidstem juga terbukti mengencangkan kulit di area pipi setelah pemakaian hari ke-56. Asal pemakaian rangkaian skincare Joybeau secara rutin, hasilnya pasti maksimal.



Sebagai Miss Indonesia 2018 yang kemarin juga hadir, Alya Nurshabrina  memberikan sedikit testimonial setelah menggunakan rangkaian produk dari Joybeau Series selama 2 minggu. Baginya, kandungan alami yang terdapat pada rangkaian produk ini, cocok pada kulitnya dan tidak terjadi efek samping apapaun.

Review Rangkaian Series Joybeau Anti Aging dan Glowing

Rangkaian skincare dari Joybeau Orchidstem yaitu Day Cream, Hydrating Face Mist, Facial Wash, dan Night Cream. Seluruhnya memiliki kandungan bahan aktif utama Orchidstem yang punya manfaat untuk mencegah penuaan pada kulit wajah.

Setelah rutin saya gunakan selama kurang lebih 1 minggu ini, so far cocok buat saya, tidak ada efek samping karena kandungan utama dari produk skincare ini dari bahan alami. Rangkaian yang paling saya suka, hydrating face mist dari Joybeau ini, karena ada kelopak bunga anggrek dan rasa sensasi dingin menyegarkan di wajah.

Yuk, simak dulu review setelah saya mencoba gunakan rangkaian skincare Joybeau ini!

Day Cream - Orchid Day Cream UV Protector



Day cream Joybeau sudah memiliki UV protector yang sangat penting untuk menjaga kulit wajah dari radiasi sinar matahari. Fyi, sinar matahari bisa bikin kulit kusam dan muncul bintik hitam, jadi jangan skip step UV protector kamu.

Day cream ini sudah memiliki SPF 20 dengan tone up untuk kulit wajah lebih cerah. Kandungan Orchid stem, Niacinamide, Niacinamide, Carrot Extract dan Squalance pada Day Cream Joybeau punya manfaat anti aging, anti wrinkle, melindungi dari radikal bebas, mencerahkan dan melembabkan kulit wajah, serta meningkatkan elastisitas kulit wajah.

Tekstur dari day cream yang creamy berwarna putih susu dengan botol pump, memudahkan setiap kali penggunaan pada pagi hari sebelum beraktivitas. Cara penggunaannya cukup mudah, pump 2-3 tetes, ratakan di tangan dahulu sebelum diaplikasikan di kulit wajah kalian.

Hydrating Facial Mist



Setelah menggunakan day cream biasanya dilanjutkan dengan make-up lalu saya set dengan hydrating face mist Joybeau.

Ada wirch hazel extract, evening prim flower extract dan aloevera primrose extract sangat membantu melembabkan dan meningkatkan kelembaban wajah, selain menghidrasi kulit, face mist ini juga punya kandungan tannins tinggi untuk melindungi dari kerusakan kulit.

Facial Wash



Untuk membersihkan sisa debu dan make up yang menempel di kulit wajah, facial wash Joybeau ini sulfate free, karena bahan alami witch hazel  yang digunakan tidak akan menimbulkan efek samping.

Night Cream - Orchid Anti Aging Night Cream



Rangkaian terakhir supaya hasilnya maksimal, saya gak mau skip night cream dari Joybeau. Tambahan kandungan Sodium Hyluronate  untuk bantu mencegah flek hitam, kerusakkan kulit dan menjaga kelembaban kulit wajah. Night cream ini bebas minyak, jadi gak perlu khawatir semalaman menggunakan cream ini.

Setelah rutin melakukan 4 step Rangkaian skincare Joybeau AntiA dan Glowing, berikut ini hasil pemakaian selama satu minggu;


  1. Kulit wajah lebih terasa lembab, apalagi sebelum make-up spray terlebih dahulu menggunakan face mist ini.
  2. Sedikit mencerahkan kulit wajah saya yang kusam sebelum menggunakan rangkaian Joybeau.
  3. Memudarkan garis halus belum begitu terlihat karena  pemakaian baru 1 minggu pemakaian.

Buat kalian yang penasaran menggunakan rangkaian Joybeau Anti Aging dan Glowing langsung aja follow instagram @Joybeau.official.


Indonesia Untuk Dunia, Wujudkan Perdamaian Lewat Keanggotaan Elected Ten DK PBB

Wednesday, December 4, 2019
Hai dear,



Menurut kalian apa sih yang membuat kalian bangga dengan Indonesia?. Jawaban saya, salah satu kebanggaan saya pada Indonesia adalah perannya terhadap perdamaian dunia melalui diplomasi. Siapa yang melakukan diplomasi di ranah Internasional? Ya, salah satunya peran Kementerian Luar Negeri.

Ingat betul, pelajaran sejarah sewaktu duduk di bangku sekolah. Melalui tergabungnya Indonesia dalam keanggotaan PBB, dan ikut berperan dalam perdamaian di beberapa negara konflik, merupakan salah satu wujud arahan Undang-Undang untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia, keren kan? Indonesia ternyata negara yang cukup diperhitungkan.

Tau gak sih kalian? Indonesia terpilih kembali yang keempat kalinya untuk menjadi Elected Ten Dewan Keamanan PBB (DK PBB) pada tahun 2019 – 2020. Sayangnya, belum banyak yang mengetahui keberhasilan Indonesia dalam memperjuangkan keanggotaannya di PBB. Nah, baru saja Kementerian Luar Negeri mengajak Influencer untuk bertemu sekaligus memperkenalkan Gedung Pancasila.

Explore Gedung Pancasila 



Pasti tau dong joget Ibu Kemenlu bersama influencer media yang sudah viral beberapa waktu lalu?. Joget tiktok “Entah Apa Yang Merasukimu” itu suprise dari ibu Kemenlu saat Influencer mengunjungi Gedung Pancasila. 

Gedung Pancasila ini digunakan Kementerian Luar Negeri untuk pertemuan resmi dengan Negara lain di seluruh dunia, dari pertemuan sahabat sampai perbincangan rahasia dilakukan di gedung ini loh. Diberi nama Gedung Pancasila karena Gedung ini merupakan tempat lahirnya Pancasla pada saat sidang 1 Juni 1945 sebagai usulan dasar negara Indonesia.





Sebelumnya, Gedung Pancasila ini dibangun untuk rumah kediaman Panglima Angkatan Perang Kerajaan Belanda pada tahun 1830, kemudian beralih menjadi Gedung Volksraad sebagai tempat persidangan Dewan Perwakilan Rakyat oleh Pemerintah Belanda yang berkuasa pada tahun 1918. Setelah Jepang berkuasa, dialih fungsikan menjadi tempat persidangan semacam Dewan Perwakilan Rakyat menjadi Gedung Chuo Sangi-In.




Alamat Gedung Pancasila di Jalan Taman Pejabon No.6 Jakart Pusat, dekat dengan Stasiun Gambir, Lapangan Banteng dan Masjid Istiqlal. Sayangnya, untuk explore Gedung Pancasila tidak bisa dibuka secara umum, harus ada konfirmasi terlebih dahulu. Beruntungnya saya dan teman influencer lain berkesempatan untuk Explore Gedung Pancasila.

Gedung bersejarah sejak Belanda berkuasa tidak hilang, dominasi warna putih klasik ciri khas bangunan Belanda masih mendominasi seluruh arsitetur bangunan ini. Gedung Pancasila digunakan untuk penyambutan tamu-tamu luar negeri terkait hubungan Internasional, tidak heran kalau gedung ini tidak terbuka untuk umum.

Setelah puas foto di area depan gedung, ruangan yang pertama kali dijumpai di Gedung ini adalah Lobby dan Meja Registrasi yang digunakan untuk menerima tamu, beberapa lukisan dan interior klasik disajikan di ruangan ini.

Selanjutnya Ruang Tete-a tete, digunakan untuk berbincang empat mata dengan tamu luar negeri yang bersifat rahasia. Dalam ruangan ini terdapat lukisan para Menteri Luar Negeri, dan salah satu yang paling menarik adalah satu-satunya Kemenlu Wanita terpajang, siapa lagi kalau bukan wanita hebat kebanggaan Indonesia, Ibu Retno Menteri Luar Negeri yang dipilih kembali oleh Presiden Jokowi.

Selanjutnya Ruang Coklat atau Bilateral, terbagi menjadi dua yaitu bilateral kecil dan besar. Nuansa coklat dan gold yang menyejukkan, dengan furniture klasik tertata rapih dalam ruangan ini memberikan kenyamanan lebih pada tamu kenegaraan dan staffnya ketika berkunjung.




Ruangan terakhir yang menjadi sejarah bagi saya, Flag Room. Bendera-bendera anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa berjejer rapih dalam ruangan ini. Ruangan yang cukup besar seperti aula ini digunakan sebagai ruang utam, biasanya digunakan untuk acara pelantikan pejabat eselon 1. Ruang Bendera Gedung Pancasila inilah yang menjadi saksi ketika Ibu Kemenlu Joget tiktok bersama teman influencer media lain. Ternyata Ibu Kemenlu yang tegas saat berdiplomasi dengan Negara lain, bisa santai berjoget ria loh!.

Peran Indonesia di DK PBB, Ini Diplomasi Indonesia Untuk Damai




Sebagai Kemenlu wanita pertama, Ibu Retno membuktikan kalau woman empower yang dimiliki perempuan dengan saling mendukung, perempuan sebenarnya memiliki kelebihan untuk berdiplomasi dibandingkan laki-laki. Terbukti, ketika Indonesia menjadi anggota tidak tetap DK PBB, Indonesia sangat berperan dalam jembatan upaya perdamaian dunia yang mendapatkan apresiasi juga di KTT ke-10 ASEAN PBB.

Isu penting bagi Indonesia yang membawa benih perdamiaan seperti proses rekonsiliasi konfik dan perdamaian di beberapa negara konflik, seperti PalestinaSuriahYamanLebanon dan negara lainnya, merupakan salah satu wujud agenda prioritas Indonesia selama menjadi Anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019 -2020.

Apa Manfaat dari Peran Indonesia selama menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB?

1. Salah satu bentuk perwujudan mandat konstitusi UUD 1945 untuk melaksanakan ketertiban dunia
2. Meningkatkan peran kepemimpinan Internasional Indonesia
3. Meningkatkan peran dan kontribusi Indonesia pada misi pemeliharaan perdamaian (MPP) Indonesia)
4. Memperbesar peluang untuk mendorong reformasi DK PBB, utamanya working method

Isu utama dalam tema yang diangkat Indonesia “Menabur Benih Perdamaian” untuk mewujudkan perdamaian, antara lain, aspek pembangunan ekonomi, pemberdayaan masyarakat, perlindungan Hak Asasi Manusia, pemajuan proses politik inklusif serta demokrasi.

Salah satu kegiatan yang baru saja berlangsung yaitu pada pertemuan Debat Terbuka (Open Debate) bertemakan Menabur Benih Perdamaian pada 7 Mei 2019 yaitu galangan dukungan DK PBB tolak klaim permukiman Israel, dengan tegas Indonesia menolak pernyataan AS terkait kebijakan aneksasi terhadap wilayah Palestina dan menjadi penghalang perdamian berdasar solusi dua negara.

Selain tentara Indonesia yang juga berperan aktif dalam menjaga perdamaian dunia, Indonesia dalam menjabat Presiden DKK PBB pada periode mendatang juga memegang tanggung jawab penuh penyusunan dokumen sidang, seperti rancangan resolusi dan press statement terkait konflik-konflik antar negara di dunia.

Sekarang gak ada alasan lagi untuk tidak bangga dengan Indonesia ya?, Semua yang dilakukan bukan hanya perdamaian di Indonesia tapi Perdamaian Untuk Dunia.

Rutin Berolahraga, Langkah Awal Cegah Diabetes

Monday, December 2, 2019


Hai dear,



Diabetes adalah salah satu penyakit yang cukup ramai dibicarakan akhir-akhir ini di negeri kita. Bagaimana tidak, sebagian dari mereka yang menderita Diabetes masih harus menjalani berbagai pengobatan dengan konsisten dan rutin mengkonsumsi obat-obatan, yang mana langkah tersebut diambil untuk mengontrol penyakit Diabetes mereka. Tidak hanya di situ saja, bahkan ada sebagian dari mereka juga yang tetap  harus rutin mengecek kadar gula darah hingga menyuntikkan insulin ke dalam tubuh. Lalu apakah Diabetes nya pasti sembuh?. Belum tentu.

Selain menjaga pola makan dan istirahat yang cukup, melakukan olahraga secara rutin minimal seminggu dua kali juga menjadi salah satu langkah untuk mencegah dan mengobati Diabetes. Walau terkesan berat. olahraga yang dimaksud tidak selalu berarti olahraga berat yang dilakukan di luar ruangan. Di dalam rumah saja pun jika niat berolahraga itu ada, pasti bisa kok!.

Oh iya, kalian tahu tidak berapa banyak penderita Diabetes di Indonesia saat ini? Berdasarkan data International Diabetes Federation Atlas edisi ke-9 tahun 2019, Indonesia menduduki peringkat ke-7 penyandang diabetes terbanyak di dunia dan ke-3 penyandang toleransi glukosa terganggu terbanyak di dunia. Cukup mencengangkan bukan? Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) bersama Merck Sharp Dohme (MSD) Indonesia, Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni), Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) Wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok, komunitas masyarakat dan MRT Jakarta; bersama-sama melaksanakan kampanye #LindungiKeluargadariDiabetes.


Kampanye ini sejalan dengan tema besar kampanye Hari Diabetes Dunia 2019 yang diusung oleh International Diabetes Federation (IDF), Protect Your Family, dengan fokus utama deteksi diabetes, cegah diabetes tipe 2, dan penanganan diabetes anggota keluarga dengan diabetes.

Kampanye #LindungiKeluargadariDiabetes ini bertujuan untuk mengajak seluruh keluarga di Indonesia untuk mengetahui risiko diabetes dan meningkatkan kesadaran dari pengaruh diabetes terhadap pasien dan keluarga serta mendorong peran aktif keluarga dalam penanganan, pencegahan, dan edukasi mengenai diabetes.

Mari Kita Lindungi Keluarga dari Diabetes!




Dalam rangka mendukung campaign positif ini, saya dan beberapa teman blogger kemarin menghadiri acara olahraga bersama dan cek gula darah gratis di Taman Stasiun MRT Dukuh Atas - Jakarta pada hari Sabtu, 30 November 2019. Tidak hanya olahraga bersama saja, di sana kami juga mengikuti talkshow seputar diabetes dan bagaimana saja cara pencegahannya.

Menurut Ketua Pesatuan Diabetes Indonesia (PERSADIA) Wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi dan Depok, Prof. Dr. dr. Mardi Santoso, DTM & SpPD-KEMD, FINASIM, FACE, peran keluarga amat penting dalam deteksi dini diabetes dan usaha-usaha pencegahan diabetes tipe 1, tipe 2 dan tipe lain serta pengobatan anggota keluarga dengan diabetes. Dalam deteksi dini peran keluarga penting untuk mengetahui gejala diabetes & memastikan apakah sudah terkena diabetes atau prediabetes sehingga mempercepat penanganan dan mencegah komplikasi. Terutama pada diabetes tipe 1 yang jika tidak dideteksi dapat menyebabkan perburukan dan menimbulkan kematian. Dalam pencegahan diabetes tipe 2 maka keluarga berperan melindungi jangan sampai keluarga yang lain terkena diabetes.

Oleh sebab itu, perlu memahami faktor-faktor risiko yang bisa memicu terkena diabetes dengan cara meningkatkan gaya hidup sehat, bilaperlu lakukan tes gula darah. Dalam penanganan diabetes, keluarga sangat berperan mendukung dan memastikan pasien mendapatkan penyuluhan, pengobatan, pengaturan makan(diet), dan pemeriksaan untuk mengetahui komplikasi-komplikasi serta melaksanakan gaya hidup sehat yang dijalankan terus-menerus.





Hal itulah yang akhirnya membuat campaign #LindungiKeluargadariDiabetes dijalankan. Sebagai mitra global dari International Diabetes Federation (IDF),  Medical Affairs Director MSD Indonesiadr Suria Nataatmadja, mengatakan bahwa MSD berkomitmen untuk terus mendukung upaya peningkatan kesadaran terhadap diabetes. Dengan diadakannya kampanye ini kami berharap masyarakat semakin menyadari pentingnya peran keluargadalam hal deteksi, pencegahan, dan penanganan diabetes.”

Yuk, Kita Budayakan Berolahraga dengan Naik dan Turun Tangga


Bagi penderita Diabetes, kegiatan olahraga yang terkadang terasa sulit bagi mereka, sering membuat mereka justru melewatkan kegiatan yang satu ini. Padahal naik dan turun tangga saja sudah termasuk berolahraga lho. Seperti yang juga disampaikan oleh Corporate Secretary PT MRT Jakarta, Muhammad Kamaluddin yang mengatakan, ”Menyadari manfaat naik atau turun tangga bagi kesehatan terutama mencegah diabetes, MRT Jakarta menyambut baik dan mendukung inisiatif dari kampanye #LindungiKeluargdariDiabetes. Ini sejalan dengan upaya kami untuk mengajak masyarakat pengguna MRT Jakarta untuk menggunakan tangga daripada lift yang memang hanya diperuntukkan bagi kelompok prioritas seperti ibu hamil, lansia dan disabilitas.


Edukasi mengenai manfaat dari naik turun tangga ini akan ada di poster dan stiker di area stasiun MRT Jakarta. Kami berharap pengguna MRT Jakarta dapat menggunakan tangga dan merasakan manfaat kesehatannya selain juga mendahulukan mereka yang membutuhkan untuk menggunakan lift prioritas.


Nah, sudah naik dan turun tangga belum hari ini?. Yuk biasakan dari sekarang dan lindungi keluarga kita dari diabetes. Semangat hidup sehat!